Wajib Tahu, Beberapa Wilayah Ini Memiliki Durasi Puasa Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk?

Wajib Tahu, Beberapa Wilayah Ini Memiliki Durasi Puasa Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk?

Wajib tahu, beberapa wilayah ini memiliki durasi puasa terpanjang di dunia, Indonesia termasuk?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, setiap wilayah memiliki durasi puasa yang berbeda sehingga terdapat wilayah dengan durasi puasa terpanjang di dunia dan juga wilayah dengan durasi terpendek di dunia. 

BACA JUGA:Ini 4 Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Rumahan! Simple dan Praktis, Cukup Siapkan Bahan Berikut

Durasi puasa yang berbeda ini tentunya menyebabkan perbedaan dalam waktu berbuka puasa pada wilayah-wilayah tersebut. Negara dengan puasa terlama dapat mencapai durasi lebih dari 20 jam. 

Namun menariknya, bagi negara-negara yang dekat dengan khatulistiwa, periode puasa justru cenderung lebih singkat karena durasi siang hari lebih konsisten sepanjang tahun.

BACA JUGA:Nikmatnya Berbuka! Ini 6 Resep Minuman Saat Puasa Ramadan, Kamu Wajib Coba

Hal ini menyebabkan Indonedia dan Malaysia yang berada di wilayah yang berdekatan dengan khatulistiwa ini memiliki durasi puasa Ramadhan yang konsisten, yaitu dalam durasi 13 hingga 14 jam. 

Perbedaan durasi puasa ini berbeda lantaran jarak waktu antara matahari yang terbit dan terbenam bervariasi secara global di berbagai wilayah dipengaruhi oleh letak geografis dan juga kemiringan bumi. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Tidak Tahu, Berikut 7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan, Salah Satunya Tidak Sedang dalam Perjalanan

Mereka yang berada di negara-negara bagian selatan Bumi biasanya berpuasa dalam waktu yang lebih singkat, yaitu sekitar kurang lebih 12 jam. Negara-negara tersebut seperti Chile atau Selandia baru. 

Sementara itu, negara-negara yang tinggal di wilayah paling utara bumi akan menjalankan ibadah puasa dalam durasi 17 jam atau lebih. Negara tersebut seperti Islandia atau Greenland. 

BACA JUGA:Yuk Coba Buat Es Lumut Kekinian yang Sedang Viral, Cocok Jadi Minuman Segar Berbuka Puasa

Waktu atau durasi berpuasa ini akan terus berubah-ubah sering berjalannya waktu dan diperkirakan akan terus berkurang hingga tahun 2031 saat Ramadhan bertepatan dengan titik balik matahari musim dingin dimana siang hari menjadi waktu yang pendek dalam setahun. 

Lalu setelah itu, durasi puasa akan terus bertambah hingga titik balik matahari pada musim panas dimana siang menjadi lebih panjang dibandingkan malam hari. 

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Inilah Dalil dan Hukum Puasa Ramadhan, Salah Satunya dalam Surah Al Baqarah Ayat 183

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: