Makin Kaya Raya! Ini 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Sukses Berbisnis, Siapa Saja?

Makin Kaya Raya! Ini 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Sukses Berbisnis, Siapa Saja?

Ilustrasi. Sahabat Nabi Muhammad SAW yang sukses dalam berbisnis.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:Daftar 10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga, Masyaa Allah!

Bisnisnya dimulai saat beliau memasuki masa remaja, ia berdagang ke Basyra bermodal hanya 40 dirham. Semenjak itulah ia bekerja lebih keras demi meraih kesuksesan serta meniagakan harta yang dipunya di jalan Allah.

Sebagaimana Shiddiq bermakna jujur, prinsip kejujuran pun menjadi cara beliau berdagang, sehingga menuai kepercayaan orang lain padanya.

3. Abdurrahman bin Auf

Salah satu sahabat nabi bernama Abdurrahman bin Auf, yang juga punya kemampuan untuk menjadi seorang pengusaha. Kesuksesan bisnisnya berawal saat beliau ikut hijrah bersama Rasulullah SAW menuju Madinah.

BACA JUGA:Ada Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Awalnya Tidak Niat Menikah, Berubah Pikiran Karena Hal Ini!

Sesampainya di Madinah, Nabi Muhammad mempersaudarakan dia dengan salah satu konglomerat Madinah yakni Sa'ad bin Rabi. Kayanya Sa'ad bin Rabi, hingga ia niatkan sebagian kekayaan serta juga menceraikan salah satu istrinya agar diberikan pada Abdurrahman bin Auf.

Alih-alih menerima, Abdurrahman bin Auf justru meminta untuk menunjukkan letak pasar di Madinah kepada Sa'ad bin Rabi. Saat berada di pasar, Abdurrahman pun melakukan sejumlah riset pasar agar dapat mengembangkan usahanya sendiri.

Singkat cerita, Abdurrahman mendapat lahan dari Sa'ad, sehingga ia dapat mengelola lahan tersebut dan dijadikannya kavling-kavling untuk disewakan dengan harga lebih terjangkau.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif: Sahabat Nabi Ini Berkhianat Lantas Menghukum Diri Sendiri, Apa yang Beliau Lakukan?

4. Urwah Al-Bariqi

Sahabat nabi yang sukses juga yakni Urwah Al-Bariqi, kemampuan yang ia miliki sebagai pengusaha ialah berkomunikasi dan negosiasi, serta para pembelinya sangat mumpuni. Kehebatan Urwah sebagai sosok komunikasi dan negosiai pun diakui, saat itu Rasulullah Muhammad menyuruhnya untuk membeli kambing kurban seharga satu dinar.

5. Umar bin Khatab

Selanjutnya ada Umar bin Khatab yang merupakan salah satu sahabat nabi dan juga sukses menjadi pengusaha. Umar bin Khatab merupakan pengusaha properti sama halnya dengan Abdurrahman bin Auf.

Ketegasan yang dimiliki Umar bin Khatab tersebutlah hingga menjadi seorang sahabat serta pengusaha yang cukup disegani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: