Menarik, Kisah Ashabul Kahfi Disebut dalam Al Quran, Pemuda Ini Tertidur 309 Tahun

Menarik, Kisah Ashabul Kahfi Disebut dalam Al Quran, Pemuda Ini Tertidur 309 Tahun

Ilustrasi. Kisah Ashabul Kahfi disebut dalam Al Quran, pemuda yang tertidur 309 tahun.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Dalam Al Quran ada kisah tentang pemuda saleh yang tertidur selama 309 tahun. kisah ini menarik untuk diketahui, terlebih sudah umum diketahui masyarakat khususnya umat Islam.

Surah yang menjelaskan tentang kisah ini adalah surah Al-Kahfi. Adanya keberanian dan keteguhan iman dari sejumlah pemuda ini, yang menjadikan kisah tersebut penuh dengan makna.

Dihimpun melalui channel YouTube Kaffah Official, menjelaskan kisah Ashabul Kahfi yang tertidur 309 tahun. Kisah ini diterangkan melalui video yang disampaikan Ustadz Ahmad Wahib secara terperinci, dan artikel ini merangkum kisahnya.

BACA JUGA:Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Pembuka kisah ashabul kahfi

Sebagai pembuka kisah tersebut, dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Kahfi ayat 9, Allah Ta'ala berfirman yang artinya:

"Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?"

Ayat ini sebagai penghibur Rasulullah dan menegur beliau supaya beliau tidak sedih, lantaran beliau tidak segera menjawab pertanyaan orang-orang Quraisy tentang Ashabul Kahfi. Kata 'raqim' tersebut para ulama berbeda pendapat, ada yang menyebutkan bahwa 'raqim' adalah anjing dari Ashabul Kahfi.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan Saat Puasa, Pertama Kali Anjuran Ini Dilakukan! Apa Itu?

Ada pula yang mengatakan bahwa nama itu merupakan tempat/gua di mana mereka bersembunyi, dan sebagian yang lainnya menjelaskan bahwa 'raqim' adalah al-kitab.

"Kisah mereka begitu menakjubkan daripada tanda-tanda kekuasaan Kami yang lainnya, maksudnya tidak hanya ini kekuasaan Kami yang menakjubkan, tidak hanya Ashabul Kahfi, ada banyak diantaranya silih bergantinya siang dan malam, peredaran matahari dan bulan. Ini merupakan tanda-tanda kekuasaan Kami yang lainnya," terang Ustadz Ahmad Wahib melalui channel YouTube Kaffah Official.

BACA JUGA:Bikin Haru! Ini Kisah Abu Dujanah dan Pohon Kurma, Kejujurannya Membuat Nabi Muhammad SAW Menangis

Sebagaimana kisahnya dikabarkan dalam surah Al-Kahfi secara global atau menyeluruh yang mana akan dijelaskan secara rinci pada ayat-ayat berikutnya.

Kisah ashabul kahfi yang tertidur di gua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: