Miliki Banyak Khasiat, Saatnya Budidaya Tanaman Ciplukan Sendiri di Rumah, Berikut Caranya

Miliki Banyak Khasiat, Saatnya Budidaya Tanaman Ciplukan Sendiri di Rumah, Berikut Caranya

Miliki banyak khasiat, saatnya budidaya tanaman ciplukan sendiri di rumah, berikut caranya--(Sumber : Doc/BETV)

1. Tentukan Lokasi Penanaman

Sebelum menanam buah ciplukan ini, kamu harus menentukan dimana lokasi penanaman buah ini. Kamu dapat menanamnya secara langsung di tanah halaman rumah atau menanamnya di dalam pot agar lebih ringkas. 

Kamu perlu memastikan jika lokasi penanaman mendapatkan banyak sinar matahari dan juga memiliki tanah dengan sistem drainase yang baik. Pastikan agar tanaman tidak memperoleh sinar matahari secara langsung dan tidak tertutupi oleh tanaman lain yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Sederet Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Penyakit Kuning

2. Menjaga Jarak, Kedalaman dan juga Pancang

Saat menanam tanaman ini, pastikan jika setiap tanaman diberikan jarak setidaknya 60 cm. Selain itu, tanaman muda juga harus ditanam di dalam kedalaman yang sama seperti lokasi atau wadah sebelumnya. Tanam benih sekitar seperempat inci. 

Kamu juga dapat memberikan struktur pendukung seperti sangkar atau pancang tomat yang dapat membantu menopang tanaman agar tanaman tidak jatuh akibat berat buah saat tanaman telah berbuah. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengolah Tanaman Cepokak untuk Obat Tradisional, Salah Satunya Dibuat Minuman Teh

3. Pemilihan Jenis Tanah

Saat hendak menanam tanaman ciplukan, kamu tidak terlalu memikirkan jenis tanah lantaran tanaman ini biasanya dapat tumbuh di tanah apapun. 

Meski demikian, akan lebih baik jika kamu menanamnya di tanah yang memiliki drainase yang baik dan juga kaya akan bahan organik dengan pH yang sedikit asam agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. 

BACA JUGA:6 Tanaman Ini Dipercaya Dapat Menangkal Santet, Menurut Primbon Jawa Bagus di Tanam Depan Rumah

4. Kebutuhan Air

Tanaman ciplukan menyukai tanah yang cukup lembab sehingga mereka memerlukan sekitar satu inci air perminggu. Kamu perlu menjaga kuantitas air lantaran tanah yang kering dapat menyebabkan tanaman menjatuhkan bunga tanpa menghasilkan buah. 

Oleh sebab itu, sebaiknya siram tanaman ciplukan setiap minggu apabila hujan tidak turun. Jika dalam cuaca yang panas dan tanahnya kering, sebaiknya siram tanaman ciplukan lebih sering agar tanaman dapat tetap subur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: