Waspada! Inilah 6 Bahaya Diet Ekstrim untuk Kesehatan Tubuh, Penyakit Bisa Mengintai

Waspada! Inilah 6 Bahaya Diet Ekstrim untuk Kesehatan Tubuh, Penyakit Bisa Mengintai

Waspada! Inilah 6 bahaya diet ekstrim untuk kesehatan tubuh, penyakit bisa mengintai--(Sumber Foto: Doc/BETV)

3. Kehilangan Massa Otot dan Tulang

Bahaya diet ekstrim yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan massa otot dalam jumlah banyak lantaran asupan kalori menurun secara drastis. Akibatnya, tubuh akan memecah protein dalam tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi. 

Dalam kasus yang parah, diet ketat ini dapat menyebabkan atroofi atau penyusutan otot pada oror jantung yang tentunya berpengaruh buruk karena dapat memicu aritmia atau gangguan irama jantung. 

BACA JUGA:Rendah Kalori dan Serap Kelebihan Lemak Tubuh, Ini Manfaat Konsumsi Cuka Apel untuk Diet

Tidak hanya itu, dengan melakukan pola makan tinggi daging dan rendah buah dan sayur justru dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang karena asupan protein yang sangat tinggi. 

Hal ini dapat menyebabkan calciuria atau kandungan kalsium di dalam urine yang mempengaruhi tulang. Oleh sebab itu penting untuk mengimbangi konsumsi daging dengan asupan buah dan sayur. 

BACA JUGA:Takut Sarapan Karena Diet? 5 Menu Sarapan Sehat Ini Bisa Jadi Pilihan, Rendah Kalori Nggak Bikin Gemuk

Penurunan masa otot ini dapat terjadi akibat kurangnya asupan protein yang mengakibatkan penurunan metabolisme tubuh sehingga di saat bersamaan kebutuhan energi juga menurun dan menyebabkan tubuh mengalami kenaikan berat badan kembali setelah diet dihentikan. 

4. Dehidrasi

Diet ekstrim juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi akibat penyusutan kadar air di dalam tubuh sehingga seringkali menipu karena banyak yang beranggapan jika berat badan turun akibat penurunan lemak. 

BACA JUGA:Sedang Diet Karbo? Kamu Bisa Mencoba 5 Menu Sarapan Rendah Karbohidrat Ini, Kenyang Tanpa Takut Gemuk

Dehidrasi ini terjadi akibat ppenurunan kadar glikogen di dalam tubuh yang menjadi salah satu karbohidrat pengikat air. Oleh sebab itu, diet ekstrim dalam menyebabkan tubuh kehilangan kadar air. 

Jika penurunan kadar glikogen ini terjadi terlalu cepat dan dibarengi dengan kurangnya asupan cairan dalam tubuh, maka kamu tidak bisa menghindari dehidrasi ini. 

BACA JUGA:Tubuh Ideal Bukan Lagi Impian dengan 5 Tips Diet Sehat untuk Wanita Ini, Dijamin Ampuh dan Aman!

Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, kram otot, sembelit dan masih banyak lagi. Bahkan dehidrasi juga dapat menyebabkan diare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: