dempo

Cek di Sini! 8 Manfaat Konsumsi Semangka yang Jarang Diketahui, Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

Cek di Sini! 8 Manfaat Konsumsi Semangka yang Jarang Diketahui, Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat buah semangka yang jarang diketahui, kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh.--(Sumber Foto: Pixabay)

Kamu dapat memanfaatkan buah semangka untuk membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Berkat kandungan yang ada di dalamnya seperti zat antioksidan yang tinggi yakni likopen dan vitamin C.

Kedua kandungan tersebut berperan penting untuk mencegah stres oksidatif dan mnenurunkan peradangan.

5. Mencegah degenerasi makula pada mata

Manfaat semangka selanjutnya yakni dapat mencegah degenerasi makula pada mata. Khasiat ini diperoleh dari adanya likopen yang berlimpah pada buah semangka.

Berdasarkan penelitian, likopen terbukti bisa membantu mencegah dalam degenerasi makula mengenai usia atau AMD.  Di mana AMD ini adalah suatu gangguan pada mata yang dapat memicu kebutaan pada lansia.

BACA JUGA:Samarkan Flek Hitam hingga Cerahkan Warna Kulit, Ini 10 Manfaat Timun untuk Wajah, Yuk Intip

6. Membantu hidrasi pada tubuh

Dengan minum air putih ini dapat membantu tubuh terhidrasi dengan cukup baik. Tak hanya air putih saja, mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan air yang cukup tinggi juga bisa membantu menjaga hidrasi pada tubuh.

Selanjutnya semangka memiliki 92 persen air, sehingga buah itu dapat membuat tubuh terhindar serta bisa menurunkan risiko dehidrasi. Ternyata kandungan air yang tinggi pada semangka juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

7. Memelihara kesehatan pencernaan

Manfaat semangka lainnya yakni dapat memelihara kesehatan pencernaan. Manfaatnya diperoleh dari kandungan air yang cukup melimpah serta serat pada buahnya.

BACA JUGA: 4 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Efektif Cegah Flek Hitam hingga Kurangi Minyak Berlebih

Keduanya sangat berpengaruh untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah dan sayuran kaya akan air dan serat, termasuk buah semangka, bisa membantu melancarkan buang air besar.

8. Sehat untuk gigi

Selain itu, semangka juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi risiko penyakit periodontal. Ada tanda-tanda penyakit tersebut muncul yakni adanya infeksi, kehilangan gigi, dapat pula berkaitan dengan diabetes atau penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: