dempo

5 Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Lansia, Jalan Kaki hingga Renang

5 Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Lansia, Jalan Kaki hingga Renang

5 rekomendasi olahraga yang cocok untuk lansia, jalan kaki hingga renang--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Lantas, apa saja jenis olahraga yang cocok untuk lansia dan bisa dilakukan ketika di rumah? Berikut informasi mengenai olahraga yang cocok untuk lansia yang dapat membuat badan sehat dan kuat yang kamu coba.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

1. Jalan Kaki

Ternyata hanya dengan berjalan kaki di rumah saja, itu sudah termasuk olahraga ringan yang cocok untuk lansia. Karena ketika berjalan, telah terjadi suatu pergerakan  sendi dan otot kaki yang menjadi serangkaian gerakan fisik ringan.

BACA JUGA:Tidak Bikin Capek Berlebih, Cek Rekomendasi Olahraga Ringan Cocok Untuk Diet Berikut Ini

Selain itu, berjalan kaki santai di rumah selama 5 sampai 10 menit dipercaya mampu menguatkan jantung dan dapat membakar kalori berlebih dari dalam tubuh. 

2. Yoga

Olahraga yang cocok untuk lansia selanjutnya adalah Yoga. Olahraga ini bertujuan untuk melatih fokus pikiran dan pernapasan.

BACA JUGA:Bisa Buat Tidur Makin Nyenyak, Cek Manfaat Olahraga Senam Lainnya di Sini, Yuk Rajin Gerak Biar Sehat

Sehingga olahraga yoga ini sangat cocok untuk para lansia yang ingin menjalani pola hidup sehat. Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, yoga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental para lansia, karena dipercaya mampu menghilangkan stres dan depresi. 

Jenis olahraga yoga yang biasa dilakukan para lansia adalah yoga kursi. Yoga kursi sendiri adalah bentuk yoga yang gerakannya lebih mudah dan efisien. 

BACA JUGA:Lebih Efektif, Ini 5 Olahraga yang Dapat Kamu Gunakan untuk Mengecilkan Paha

Pasalnya yoga kursi memberikan sedikit tekanan pada otot, sendi, dan tulang dari pada gerakan yoga pada umumnya. Lansia yang rutin melakukan olahraga ringan ini akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dari biasanya, kemudian tingkat depresi yang lebih rendah. 

3. Peregangan

Peregangan sangat bermanfaat untuk kesehatan sendi dan otot tubuh. Sebab kebanyakan lansia di beberapa bagian tubuhnya seperti otot dan sendi kerap kali mengalami pengenduran dan mudah kaku bahkan kram jika tidak digerakkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: