dempo

7 Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat, Ada Jeroan hingga Seafood

7 Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat, Ada Jeroan hingga Seafood

7 pantangan makanan untuk penderita asam urat, ada jeroan hingga seafood--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Menjaga pola makan penting dilakukan oleh penderita asam urat sehingga sebaiknya mereka menghindari pantangan makanan untuk penderita asam urat karena hal tersebut dapat memperparah kondisi. 

BACA JUGA:Rendah Purin, 6 Makanan Ini Baik untuk Penderita Asam Urat, Ada Yoghurt hingga Ikan Salmon

Asam urat atau dikenal juga dengan sebutan gout merupakan kondisi peradangan sendi yang menyebabkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. 

Karena asam urat ini berkaitan dengan darah, maka penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak baik untuk penyakit yang satu ini. 

BACA JUGA:Kenali 7 Gejala Asam Urat pada Tubuh, Salah Satunya Nyeri di Siku dan Lutut

Hal ini lantaran ada beberapa makanan tertentu yang menghasilkan asam urat sehingga dapat menyebabkan asam urat naik dan membentuk kristal asam sehingga menyebabkan rasa nyeri dan membuat persendian menjadi bengkak. 

Asam urat sendiri biasanya terjadi pada area tertentu seperti jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan juga tumit. 

BACA JUGA:Jahe hingga Kunyit, 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Atasi Asam Urat, Coba Sekarang!

Untuk menghindari kondisi ini dan mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang tinggi purin atau pantangan makanan lainnya yang sebaiknya dihindari oleh.

Purin sendiri merupakan hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat dan membuatnya menumpuk pada sendi di tangan serta ginja. 

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Ini 7 Tanda Tubuh Mengalami Asam Urat, Salah Satunya Nyeri di Jempol Kaki

Hasil pemecahan purin ini nantinya akan bertemu dengan zat purin yang dihasilkan oleh tubuh secara alami sehingga gabungan keduanya menyebabkan kadar asam urat menjadi meningkat. 

Oleh sebab itu, penting bagi penderita asam urat untuk menghindari dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi ke dalam tubuh agar tidak menyebabkan penumpukan purin.  

BACA JUGA:Wow! 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Asam Urat Tanpa Efek Samping, Salah Satunya Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: