KPU

7 Tips Agat Anak Gemar Membaca, Salah Satunya Ajak Anak Baca Buku Bersama

7 Tips Agat Anak Gemar Membaca, Salah Satunya Ajak Anak Baca Buku Bersama

7 tips agar anak gemar membaca, salah satunya ajak anak baca buku bersama--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Orang tua dapat mengenalkam buku dengan gambar-gambar yang menarik pada anak. Untuk bayi, orang tua bisa membacakan buku untuk mereka agar perkembangan bahasa mereka dapat terlatih. 

BACA JUGA:Bacakan Buku pada Anak Sebelum Tidur Bisa Bantu Kembangkan Imajinasi Anak, Lho Bunda! Intip Manfaat Lainnya

Dengan membacakan buku pada mereka, anak bisa belajar mengenal bentuk, jenis hewan atau lainnya, dan juga warna dari gambar yang ada di dalam buku. 

2. Beri Contoh pada Anak

Anak seringkali meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka sehingga sudah semestinya bagi orang tua untuk memberikan contoh yang baik pada anak-anak termasuk dalam hal menerapkan kebiasaan baik. 

BACA JUGA:7 Makanan untuk Cegah Stunting pada Anak, Ada Tempe Tahu hingga Sayuran

Untuk membuat anak gemar membaca buku, maka orang tua juga sebaiknya memberikan contoh jika orang tua juga terbiasa membaca. 

Tidak perlu buku yang berat, orang tua dapat mengajak anak untuk membaca buku bergambar bersama-sama atau membacakan buku dongeng untuk mereka. 

BACA JUGA:6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

Orang tua dapat membiasakan untuk membuat sesi membaca dengan anak setidaknya selama satu jam dalam sehari sehingga anak akan menganggap membaca merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. 

Jika telah menerapkan kebiasaan ini, maka nantinya anak akan terbiasa untuk membaca sendiri tanpa harus disuruh oleh orang tua. 

BACA JUGA:Ibu Harus Tahu! Ini 6 Tanda Anak Alami Stunting yang Perlu Diwaspadai

3. Membiasakan Baca Buku Sebelum Tidur

Tips lainnya yang bisa diterapkan oleh orang tua adalah dengan meluangkan waktu untuk membacakan buku dongeng pada anak sebelum tidur. 

Kebiasaan ini dapat melatih anak agar suka membaca buku dan di saat bersamaan bisa membangun bonding yang baik anktara anak dan juga orang tuanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: