dempo

Bikin Khawatir, 6 Bahaya Ini Intai Si Kecil yang Kecanduan Gadget, Apa Saja?

Bikin Khawatir, 6 Bahaya Ini Intai Si Kecil yang Kecanduan Gadget, Apa Saja?

Bikin khawatir! 6 bahaya ini intai si kecil yang kecanduan gadget, apa saja?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak

1. Gangguan Mata

Bahaya yang satu ini merupakan hal yang paling sering terjadi lantaran mata terlalu sering digunakan untuk menatap layar gadget hingga mata akan terasa kering atau panas. 

Jika hal ini terus dibiarkan maka mata bisa menjadi lelah, terasa tidak nyaman, merah, bahkan menimbulkan gangguan penglihatan seperti penglihatan yang menjadi kabur, mata minus bertambah dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Nomor 1 Sering Dilakukan

2. Mengganggu Pola Tidur

Bahaya lainnya yang dapat terjadi jika anak kecanduan gadget adalah membuat pola tidur mereka menjadi terganggu karena anak tidak bisa berhenti bermain gadget. 

Hal ini menyebabkan anak terus bermain ponsel hingga larut malam hingga jam tidur menjadi terganggu yang jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan anak mengidap insonia. 

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Atasi Mata Minus di Usia Muda, Pengguna Aktif Gadget Wajib Tahu

Jika hal ini terus dibiarkan, maka jam tidur yang seharusnya digunakan untuk berisitrahat berkurang dan membuat tubuh mudah terserang oleh berbagai penyakit. 

3. Postur Tubuh Buruk

Mereka yang kecanduan gadget juga dapat menyebabkan postur tubuh menjadi buruk atau menjadi bungkuk lantaran anak terlalu sering menundukkan kepalanya untuk bermain gadget. 

BACA JUGA:Cegah Kasus Asusila, Dispendikbud Seluma Minta Guru Awasi Penggunaan Gadget Siswa

Jika leher anak terus condong ke depan dan menunduk saat bermain gadget ini, maka beban di leher dan juga tulang belakang akan jadi bertambah hingga harus menopang beban kepala dan menyebabkan leher dan punggung jadi nyeri. 

Apabila hal ini terus dibiarkan, maka postur tubuh akan menjadi semakin buruk dan menjadi bungkuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: