dempo

Asam Lambung Bikin Aktivitas Terganggu? Cegah dengan 5 Cara Mudah Ini

Asam Lambung Bikin Aktivitas Terganggu? Cegah dengan 5 Cara Mudah Ini

Ilustrasi. Asam lambung bikin aktivitas terganggu? Cegah dengan 5 cara mudah ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Agar asam lambung tidak naik, sebaiknya hindari langsung berbaring atau tidur setelah makan karena kebiasaan ini dapat memicu gejala seperti mual dan heartburn (rasa panas di dada). 

Pastikan untuk makan dengan jarak sekitar 2-3 jam sebelum tidur dan duduk atau berdiri dalam posisi tegak selama 30 menit setelah makan agar dapat mencegah asam lambung naik. 

BACA JUGA:5 Penyebab Asam Lambung Naik, Nomor 3 Paling Sering Diabaikan

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Cara lainnya yang perlu dilakukan untuk mencegah asam lambung naik adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan meminum minuman beralkohol. 

Hal ini lantaran rokok dan alkohol dapat mengakibatkan iritasi pada lapisan kerongkongan dan perut serta melemahkan otot kerongkongan sehingga dapat memproduksi asam lambung. 

BACA JUGA:Pengidap GERD Wajib Tahu, 7 Sayur Ini Picu Asam Lambung, Kol Termasuk

5. Mengelola Stres

Stres dapat menjadi pemicu asam lambung, oleh sebab itu penting untuk mengelola stres dengan baik agar dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. 

Hal ini lantaran orang yang cemas dapat menghasilkan lebih banyak asam lambung sementara di saat bersamaan refluks kronis juga dapat memperburuk stres sehingga hal ini menjadi lingkaran setan yang tidak ada ujungnya.

BACA JUGA:5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Tidak Bisa Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur, Picu Asam Lambung

6. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dapat membantu mencegah asam lambung naik ke permukaan lantaran gerakan mengunyah permen karet ini dapat merangsang laju pelepasan air liur. 

Oleh sebab itu, kondisi ini dapat membantu mmebuat asam yang terakumulasi di perut dapat tercuci dengan bersih dan lebih cepat sehingga resiko naiknya asam lambung ini akan menjadi semakin kecil. 

BACA JUGA:Bikin Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung, Cek 5 Resep dan Cara Membuat di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: