dempo

Dorong Layanan SPBE Provinsi Bengkulu Terintegrasi, Dinas Kominfotik Gelar Asistensi Penyusunan Arsitektur SIA

Dorong Layanan SPBE Provinsi Bengkulu Terintegrasi, Dinas Kominfotik Gelar Asistensi Penyusunan Arsitektur SIA

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu Oslita, resmi membuka Asistensi Penyusunan Arsitektur Sistem Informasi Arsitektur (SIA) Versi 2 Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Bengkulu tahun 2--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi BENGKULU Oslita, resmi membuka Asistensi Penyusunan Arsitektur Sistem Informasi Arsitektur (SIA) Versi 2 Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi BENGKULU tahun 2024.

Acara pembukaan ini diselenggarakan di Aula Diskominfotik Provinsi Bengkulu, Selasa 25 Juni 2024.

BACA JUGA:Dikbud Seluma Tingkatkan Pengawasan untuk Cegah Judi Online di Kalangan Pelajar

Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Oslita menjelaskan, kegiatan yang melibatkan seluruh OPD di lingkungan Pemprov Bengkulu ini diadakan untuk melaksanakan amanat Peraturan Presiden RI (Perpres) Nomor 132 tahun 2023 tentang Arsitektur SPBE Nasional dan Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE. 

Ia menyebut SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna. 

"Kami berharap instansi pemerintah pusat dan di daerah bisa menerapkan unsur-unsur SPBE sesuai dengan kerangka tata kerja kelola SPBE. Sehingga penerapannya dapat berjalan efektif, efisien dan berkesinambungan serta dapat menghasilkan layanan SPBE yang berkualitas dan optimal," ujar Oslita. 

BACA JUGA:182 Kepala Desa di Seluma Akan Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan Jadi 8 Tahun

Lanjut Oslita, KemenPAN-RB juga meluncurkan SIA Versi 2 SPBE sebagai upaya akselerasi keterpaduan layanan digital nasional. 

Sebab arsitektur SPBE adalah kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, aplikasi, dan infrastruktur serta keamanan SPBE guna menghasilkan layanan SPBE terintegrasi. 

BACA JUGA:Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Dilanjutkan Tahun 2025

"Dengan adanya kolaborasi ini semoga dapat menyinkronkan sasaran program kegiatan, sehingga mampu memberikan kontribusi positif dalam bidang teknologi informasi dan kebijakan strategis di segala bidang guna suksesnya pembangunan di Bumi Rafflesia," imbuhnya. 

BACA JUGA:PPP Desak KPU Bengkulu Tengah Segera Tetapkan DPRD Terpilih Periode 2024-2029

Sementara itu, perlu dibangun kepedulian terkait kolaborasi dan sinergi dari semua OPD untuk bekerja kolektif demi tersusunnya Arsitektur SPBE Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu 

"Melalui asistensi penyusunan ini dapat menjadi langkah awal yang positif dalam mewujudkan dan memberikan pemahaman yang lebih baik serta memperkuat pengetahuan kita dalam menyusun arsitektur SPBE," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: