dempo

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Ilustrasi. Kenali 6 jenis sifat manipulatif, ada gaslighting hingga love bombing--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Tidak hanya itu, pelaku juga dapat memebrikan hadiah mahal serta berbagai ekspresi cinta agar dapat meraih seluruh perhatian dari koban untuk dirinya. 

Namun biasanya semua ungkapan cinta ini hanyalah sekedar kedok atau topeng yang bertujuan untuk membuat korban jatuh hati dan terjebak dalam jebakan pelaku. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri, Ini 6 Ciri Lain dari Hubungan Toxic yang Harus Diketahui

Jika korban telah berada did alam kendali, maka pelaku akan mulai menujukkan tujuannya seperti untuk mendapatkan uang, memperoleh kepuasan hingga perhatian penuh hingga korban terisolasi dari lingkungan lain seperti keluarga. 

3. Child Grooming

Child grooming masuk ke dalam jenis sikap manipulatif yang dilakukan oleh orang dewasa pada anak-anak dengan mempengaruhi pikiran anak secara perlahan hingga mengikuti kemauannya. 

BACA JUGA:5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic, Berhenti Menyangkal hingga Atasi Perasaan Bersalah yang Dirasakan, Yuk Coba

Biasanya pelaku akan memposisikan dirinya sebagai orang yang paling mengerti perasan 'si anak' hingga akhirnya keduanya akan membangun kedekatan dan juga kepercayaan. 

Mirisnya, anak-anak atau remaja yang menjadi korban child grooming ini biasanya akan emrasa jika merea berada di dalam sebuah hubungan yang membuat mereka aman dan juga nyaman. 

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Hal inilah yang menyebabkan kroban tidak menyadari jika mereka tengah dimanipulasi sehingga pelaku baru akan menunjukkan tujuan asilnya setelah anak telah terjebak. 

4. Pasif Agresif

Jenis manipulatif lainnya adalah manipulator yang melakukan tindakan pasif agresif dengan melakukan sindiran berupa kalimat sarkas untuk menunjukkan kekecewaan atau kemarahan mereka. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Harus Diketahui, Salah Satunya Mengalami Kekerasan, Ini 6 Lainnya

Hal ini biasanya dilakukan untuk membuat korban merasa tertekan akibat ucapan si manipulatif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: