dempo

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Ilustrasi. Kenali 6 jenis sifat manipulatif, ada gaslighting hingga love bombing--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Misalnya dalam sebuah pekerjaan kelompok, manipulator akan menunjukkan tindakan pasif agresif seperti dengan berdecak berulang kali, mengheluh, atau justru tidak kunjung menyelesaikan tugas hingga waktu yang diberikan. 

BACA JUGA:Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Toxic

5. Selalu Menyalahkan

Tindakan manipulatif berikutnya adalah dengan terus menerus menyalahkan orang lain saat muncul masalah atau kendala. 

Salah satu contohnya adalah dalam tugas kelompok di sekolah dimana tugas telah dibagi masing-masing namun salah satu anggota kelompok yang manipulatif ini tidak menyelesaikan tugasnya.

BACA JUGA:Kenali Kebiasaan hingga Ciri-Ciri Orang Toxic Versi Mudamudigaul, Intip Informasinya di Sini

Para manipulator dalam kondisi ini biasanya tidak meminta maaf dan justru menyalahkan orang lain dengan berkata 'Kamu sih tidak memberitahuku dengan jelas apa yang harus aku lakukan, kalau kamu mengatakannya dnegan jelas, mungkin aku sudah menyelesaikannya'. 

6. Penyangkalan

Jenis manipulatif berikutnya adalah penyangkalan yang merupakan upaya untuk mengatasi perasaan tertekan dengan menolak untuk mengakui kenyataan atau fakta yang ada. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Bangun Hubungan Baik dengan Anak Melalui 6 Cara Ini, Salah Satunya Makan Bersama

Salah satu contohnya seperti yang terjadi di dalam hubungan petmanan, jika kamu menemukan bukti salah satu temanmu menyebarkan rumor buruk tentangmu, orang yang manipulatif tidak akan mengakuinya. 

Saat kamu meminta penjelasan, orang yang manipulatif akan segera menjawab 'Aku nggak menyebarkan rumor tentang kamu, itu nggak mungkin! Kamu tau kan aku bukan tipe orang kaya gitu?'. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Demikian 6 jenis sikap manipulatif yang biasanya dilakukan oleh para manipulator. Sebaiknya berhati-hati agar tidak terjebak oleh janji manis mereka. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: