dempo

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Ilustrasi. Kenali 6 jenis sifat manipulatif, ada gaslighting hingga love bombing--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Selain kedua jenis tersebut, berikut telah BETV rangkum informasi mengenai jenis-jenis sikap manipulatif yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Jenis-jenis Sikap Manipulatif

1. Gaslighting

Jenis sikap manupulatif yang pertama adalah gaslighting yang merupakan sebuah teknik manipulatif yang cukup sering ditemukan di dalam suatu hubungan percintaan. 

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mudah Atasi Trust Issue, Cukup Percaya pada Diri Sendiri

Pelaku gaslighting seringkali melontarkan kalimat-kalimat yang membuat korban akan merugikan dirinya sendiri sehingga korban akan menganggap jika semua masalah atau kejadian yang terjadi disebabkan oleh dirinya. 

Tindakan ini biasanya dilakukan dengan menyangkal tuduhan, membalikkan pernyataan seolah korban merupakan sumber masalah, meremehkan emosi korban, bahkan menuduhnya melakukan reaksi berlebihan. 

BACA JUGA:5 Tips Atasi Trust Issue, Salah Satunya Bangun Kepercayaan Diri

Bukan hanya itu saja, biasanya manipulator juga akan berusaha untuk mengalihkan topik saat diajak untuk beridskusi atau menolak untuk berdiskusi. 

Tuduhan-tuduhan seperti dengan mengatakan 'aku begini karena kamu nggak bisa merawat diri', 'aku malu bawa kamu karena kamu malu-maluin', dan berbagai kalimat serupa saat ketahuan berselingkuh akan membuat pasangan menjadi tidak percaya diri dan meragukan dirinya sendiri. 

BACA JUGA:Kenali 5 Tanda Toxic Relationship Ini, Nomor 2 Sering Dirasakan, Kamu Salah Satunya?

Nantinya, pasangan justru akan terus menyalahkan dirinya sendiri dan menganggap perselingkuhan yang terjadi tersebut merupakan perilaku yang wajar dan akibat dari dirinya yang tidak bisa merawat diri. 

2. Love Bombing

Selain gaslighting, love bombing juga menjadi salah satu teknik manipulatif yang populer dengan cara memberikan ungkapan cinta yang tidak wajar berupa perhatian atau pujian yang berlebihan. 

BACA JUGA:Mengenal 5 Tanda Toxic Relationship, Jangan Biarkan Terjadi dalam Hubunganmu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: