dempo

7 Gejala Diare pada Orang Dewasa, Feses Cair hingga Hilang Nafsu Makan

7 Gejala Diare pada Orang Dewasa, Feses Cair hingga Hilang Nafsu Makan

Ilustrasi. Gejala diare pada orang dewasa.--Sumber foto: (Doc/BETV)

Gejala diare pada orang dewasa selanjutnya adalah sakit perut atau mulas. Rasa sakit tersebut lah yang mendorong untuk terus buang air besar meskipun yang dikeluarkan hanya cairan.

Selain itu biasanya saat mengalami diare perut akan menjadi panas dan tidak nyaman. Hal ini terjadi karena adanya peradangan pada organ pencernaan akibat infeksi.

Dengan begitu otot usus memacu dan mendorong feses sampai ke anus sehingga penderita nya terus merasa ingin buang air besar.

Oleh karenanya saat mengalami diare seseorang akan merasa mual bahkan kehilangan energi yang juga dapat mengakibatkan demam.

BACA JUGA:5 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun hingga Kontrol Gula Darah

3. Demam

Gejala diare pada orang dewasa berikutnya adalah dengan. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa keinginan untuk terus buang air besar membuat tubuh menjadi lebih lemas sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

Demam terjadi sebagai bentuk respon alami tubuh untuk melawan peradangan akibat infeksi jamur, bakteri atau virus dari diare.

Selain itu selama diare tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan baik dalam bentuk keringat atau saat buang air besar. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja maka tubuh akan beresiko mengalami dehidrasi yang berujung membuat tubuh semakin lemas dan lesu.

BACA JUGA:Tidak Hanya Kesehatan, Tomat Merah Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kecantikan Wajah

4.  Perut kembung

Selain demam diare juga mengakibatkan perut menjadi kembung. Hal tersebut karena adanya penumpukan gas di dalam usus besar sehingga membuat perut terasa tidak nyaman.

Kondisi ini biasanya terjadi karena intoleransi laktosa sehingga organ usus tidak mampu mencerna laktosa dengan baik yang akhirnya memicu masalah pencernaan seperti penumpukan gas di dalam usus.

Selain itu, ketika lakosa sampai di usus besar bakteri baik di dalam usus akan mempermentasi laktosa yang mengakibatkan penumpukan gas di dalam usus kondisi inilah yang membuat perut menjadi kembung.

BACA JUGA:Intip Sederet Manfaat Tomat Merah, Kandungannya Ampuh Mencegah Beragam Masalah Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: