dempo

7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Ilustrasi. Ciri-ciri perilaku manipulatif yang dapat ditemukan di dalam hubungan sesama manusia--(Sumber : Doc/BETV)

3. Mudah Dekat dengan Orang Lain

Salah satu ciri ini mugkin menjadi ciri yang tidak terduga, namun orang yang berperilaku manipulatif biasanya lebih mudah untuk berbagai cerita pribadi, termasuk rahasia dan juga ketakutannya pada orang lain. 

Hal ini bertujuan untuk membuat orang lain merasa istimewa sehingga dapat membuat mereka turut mengungkapkan rahasia mereka tanpa diminta. 

BACA JUGA:Tanda-tanda hingga Cara Atasi Gaslighting, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Rahasia ini nantinya akan dijadikan sebagai sebuah senjata oleh si manipulator untuk dapat memanfaatkan mereka dikemudian hari. 

4. Melakukan Intellectual Bullying

Hal selanjutnya yang menjadi ciri orang manipulaitf adalah dengan melakukan intellectual bullying yang merupakan perundungan yang dulakukan dengan memaparkan fakta. 

BACA JUGA:Kenali Perilaku Manipulatif dalam Hubungan yang Bisa Sebabkan Masalah Mental, Apa Itu?

Manipulator akan memaparkan fakta dan juga data mengenai suatu hal yang tidak dikuasai korban secara berlebihan hingga membuat korban merasa tidak mampu dan tidak berdaya untuk mengambil keputusan. 

5. Membuat Lelucon yang Menyinggung Orang Lain

Salah satu ciri lain yang menunjukkan jika seseorang memiliki sikap manipulatif adalah dengan membuat lelucon yang cenderung menyinggung perasaan orang lain. 

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah! Ini 5 Cara Hadapi Orang dengan Sikap Manipulatif

Hal ini biasanya dilakukan oleh manipulator untuk memperlihatkan kelemahan korban ke pada banyak orang sehingga korban akan merasa lebih rendah diri dan tidak nyaman di hadapan orang lain. 

Para manipulator yang melakukan tidanakn ini bertujuan utnuk terlihat lebih hebat dan juga lebih berkuasa dibandingkan dengan korban yang ia manipulasi. 

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: