dempo

10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Salah Satunya Obati Diare

10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Salah Satunya Obati Diare

Ilustrasi. Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BACA JUGA:Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi Baik, Ini Sederet Manfaat Daun Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

3. Membantu meredakan gejala nyeri haid 

Selain mengobati sakit gigi, daun jamu biji juga dapat membantu redahkan gejala nyeri saat haid. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada daun jambu biji dapat memberikan efek rileks pada perut sehingga keram akbit haid akan berkurang.

Sebuah studi pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri saat menstruasi menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari menurunkan intensitas nyeri.  Selain itu, manfaat ekstrak daun jambu biji juga diduga dapat membantu meredakan kram rahim. 

BACA JUGA:Dibuang Sayang! Biji Salak Ternyata Ada Manfaat, Yuk Bikin Kopi Sehat Tanpa Kafein, Begini Cara Membuatnya

4. Bermanfaat bagi sistem pencernaan 

Manfaat luar bisa selanjutnya dari daun jambu biji adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena daun jambu biji mengandung banyak serat yang dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

Selain itu, sifat antimikroba yang terdapat pada daun jambu biji juga dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare.  Cara memanfaatkan daun jambu biji sangat mudah yakni dengan meminum air rebusan daun jambu biji. Ramuan ini juga ampuh mencegah pertumbuhan mikroba, sehingga menyehatkan sistem pencernaan. 

BACA JUGA:Selain Indah, Bunga Kembang Sepatu Ampuh Redakan Peradangan hingga Cegah Infeksi, Cek di Sini Manfaat Lainnya

5. Mencegah obesitas 

Kandungan yang terdapat pada daun jambu biji juga dipercaya baik untuk orang yang memiliki berat badan berlebih. Hal tersebut karena daun jambu biji dapat mencegah karbohidrat komplekas berubah menjadi gula. Caranya, kamu hanya perlu mengkonsumsi sari daun jambu biji.

6. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh 

Kandungan vitamin C yang terdapat pada daun jambu biji dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui bahwa vitamin C sangat berperan penting  dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.  Meski tidak terbukti mencegah flu biasa, vitamin C terbukti mengurangi durasi pilek.

BACA JUGA:Kaya Akan Serat, Ini Sederet Manfaat Buah Salak, Ampuh Tingkatkan Daya Ingat hingga Mencegah Penyakit Kanker

7. Baik untuk wajah dan kulit  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: