dempo

Tak Langsung Parah! Ini 5 Tahapan Gejala Penyakit Demensia

Tak Langsung Parah! Ini 5 Tahapan Gejala Penyakit Demensia

Ilustrasi. Tahapan gejala penyakit demensia dari ringan hingga parah--(Sumber : Doc/BETV)

3. Tahap 3

Jika pada tahap 2 demensia belum dikenali dan ditangani, maka gejala ini akan berlanjut ke tahap ketiga dimana penderitanya akan mulai mengalami gangguan mental organik. 

Pada masa ini, penderita biasanya akan tersesat saat melewati jalan yang biasa dilalui, kesulitan untuk mempelajari hal baru, serta suasana hati akan tampak datar dan kurang bersemangat. 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Bengkulu Edukasi Pencegahan Demensia

Bukan hanya itu saja, pada tahap ini biasanya mereka juga akan mengalami perubahan pada kepribadian dan juga penurunan kemampuan saat bersosialiasi. 

4. Tahap 4

Pada tahap ini, penderita demensia akan mulai memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari mereka, seperti untuk berpakaian dan mandi. 

BACA JUGA:Ampuh Cegah Pikun, Buah Bit Tawarkan 10 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

Tidak hanya itu, mereka juga akan mulai mengalami perubahan pada pola tidur, mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis, menjadi apatis, menarik diri dari lingkungan sosial, berhalusinasi, menjadi mudah marah dan juga bersikap kasar. 

5. Tahap 5

Jika penderita demensia telah memasuki tahap 5 maka gejala yang dialaminya juga menjadi semakin parah dan penderita telah dianggap mengalami demensia berat. 

Pada tahap ini, demensia dapat menyebabkan penderitanya tidak dapat hidup mandiri dan mereka akan kehilangan kemampuan dasra seperti berjalan atau duduk, mereka juga tidak mengenali anggota keluaga serta tidak memahami bahasa. 

BACA JUGA:6 Manfaat Sayur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Pikun, Cek Lainnya di Sini

Demikian 5 tahapan gejala penyakit demensia yang dapat terjadi. Untuk dapat mengurangi terjadinya demensia tahap berat, cobalah untuk berkonsultasi pada ahlinya. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: