Pemprov Bengkulu dan BWSS VII Gelar Rakor Percepatan Pembebasan Lahan untuk Pembangunan Kolam Retensi

Pemprov Bengkulu dan BWSS VII Gelar Rakor Percepatan Pembebasan Lahan untuk Pembangunan Kolam Retensi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu mengelar rapat koordinasi (Rakor) percepatan pembebasan lahan untuk pembangunan kolam retensi. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) BENGKULU bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII BENGKULU yang dihadiri Badan Pertanahan Nasional, Pemda Kota BENGKULU, serta jajaran Kecamatan Sungai Serut dan Ratu Agung mengelar rapat koordinasi (Rakor) percepatan pembebasan lahan untuk pembangunan kolam retensi

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Tahapan Pelaksanaan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Kolam Retensi Pengendalian Banjir di Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar yang di gelar Ruang Rapat Teramang Muara - Nasal Padang Guci, BWS Sumatera VII Bengkulu, pada Kamis 22 Agustus 2024.

BACA JUGA:3 Tersangka Korupsi Dana Bos MAN 2 Kepahiang Dilimpahkan ke PN Bengkulu

Menurut Khairil Anwar, proses pembebasan lahan melibatkan berbagai dokumen yang harus dilengkapi serta masalah teknis yang perlu diatasi. 

"Target kami adalah menyelesaikan pembebasan lahan bulan ini, termasuk penyelesaian dokumen dan persyaratan yang diperlukan. Minggu depan, kami akan mengevaluasi hasil rapat hari ini," jelas Khairil.

BACA JUGA:PAD Lebong dari Sektor PBB-P2 Naik 2 Kali Lipat

Dia menambahkan bahwa rapat ini bertujuan untuk mempercepat proses pembebasan lahan agar pembangunan Kolam Retensi dapat dimulai sesuai target pada tahun 2025. 

"Kolam retensi ini sangat penting untuk pengendalian banjir di Kota Bengkulu," tambah Khairil Anwar.

BACA JUGA:Sedang Asik Jogging, Motor Mahasiswa di Kota Bengkulu Digasak Maling

Saat ini, terdapat lebih dari 11 hektare lahan yang harus dibebaskan di Kecamatan Sungai Serut dan Ratu Agung, dengan 100 bidang tanah yang masih dalam proses kompensasi. Pembangunan ini mencakup empat wilayah kelurahan, dan tidak ada kendala berarti karena data lahan yang akan dibebaskan sudah lengkap.

BACA JUGA:Peringati Hari Kesatuan Gerak, TP PKK Kota Bengkulu Teken Kerjasama dengan Sejumlah OPD

Diketahui bahwa tiga kolam retensi direncanakan untuk dibangun. Sementara itu, BWS Sumatera VII terus melakukan pengerukan endapan di Sungai Bengkulu secara berkala. Proyek pengendalian banjir melalui pembangunan kolam retensi masih berada pada tahap pembebasan lahan.

(Ilham) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: