6 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Bikin Gemuk, Salah Satunya Tidak Minum Air Putih

Rabu 24-04-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Namun rupanya kebiasaan tidur lagi setelah bangun dari tidur di pago hari ini sangat tidak sehat dan bisa membuat berat badan bertambah. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh! 6 Kebiasaan Pagi Hari Ini Bisa Bikin Tubuh Jadi Gemuk, Tanpa Disadari Sering Dilakukan

Seperti yang dikutip dari laman halodoc.com, sebuah jurnal PLOS one menyebutkan bahwa tidur lebih dari 10 jam dalam sehari dapat meningkatkan resiko diabetes pada seseorang. Namun kurang tidur juga dapat memberi dampak yang sama. 

Hal ini karena saat kurang tidur, peningkatan hormon kortisol di dalam tubuh dapat terjad sehingga cenderung merangsang nafsu makan menjadi lebih tinggi. 

BACA JUGA:Ini 10 Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Meredakan Depresi

Oleh sebab itu, pastikan untuk tidur dengan durasi tidur yang tepat seperti yang telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan, yaitu sebanyak tujuh sampai sembilan jam pada malam hari. 

2. Tidak Berjemur di Pagi Hari

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal yang sama, mereka yang sering berjemur di pagi hari memiliki BMI yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berjemur. Penelitian ini bahkan terlepas dari berapa banyak mereka makan.

BACA JUGA:Makin Sehat! Coba Minum Air Hangat di Pagi Hari, Dipercaya Ampuh Atasi Sembelit, Cek Manfaat Lainnya di Sini

Hanya dengan berjemur selama 20 hingga 30 menut di siang sari sudah cukup untuk memengaruhi BMI bahkan pada saat mendung. 

Hal ini lantaran tubuh tengah menyingkronkan jam internal termasuk metabolisme pembakaran kalori menggunakan gelombang cahaya biru dari matahari pagi. 

Matahari pagilah yang membantu menyingkronkan jadwal ini sebagai panduan tubuh. 

BACA JUGA:Hidup Makin Tentram, Ini 10 Manfaat Dzikir yang Perlu Kamu Tahu, Rutinkan Pagi dan Sore Hari

Hal ini juga turut berkaitan dengan kebiasaan menutup rapat jendela. Selain untuk pertukaran udara di dalam ruangan, lubang ventilasi maupun jendela juga berfungsi untuk mengatur pencahayaan di dalam ruangan. 

Menutup jendela kamar tertutup rapat di pagi hari juga dapat membuat tubuh kehilangan kesempatan untuk menerima manfaat dari sinar matahari. Padahal tanpa disadari sinar matahari ini penting untuk mengatur mood sepanjang hari. 

BACA JUGA:Mengonsumsi Air Putih di Pagi Hari Ternyata Bikin Kurus, Cek Kebiasaan yang Bikin Kurus Lainnya di Sini

Kategori :