11 Penyebab Depresi pada Si Kecil yang Jarang Disadari, Kematian Orang Terdekat Salah Satunya

Senin 03-06-2024,11:59 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Meski kerap kali terjadi pada orang dewasa, namun anak juga dapat mengalami depresi sehingga orang tua perlu mengetahui penyebab depresi pada anak. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Kenali Ciri-ciri Anak Alami Depresi, Mudah Marah hingga Terus Gelisah

Mengetahui penyebab ini bertujuan utnuk dapat melakukan pencegahan hingga pengobatan yang tepat agar masalah mental yang satu ini tidak berkelanjutan. 

Depresi di masa kecil ini merupakan sebuah kondisi kesehatan mental yang serius dan harus segera diatasi dengan menggunakan perawatan medis dan tenaga ahli. 

BACA JUGA:Kurangi Gejala Depresi di Masa Kehamilan, Ini 8 Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil

Depresi yang dialami oleh anak merupakan gangguan pada suasana hati mereka sehingga dapat membuat anak merasa sedih dan juga putus asa. 

Biasanya kondisi ini dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari mereka seperti rutinitas tidur, pola makan, hingga mempengaruhi hubungan anak dengan orang lain. 

BACA JUGA:Ampuh Kurangi Gejala Depresi, Ini 5 Manfaat Sayur Buncis untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, depresi juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kehilangan minat pada hobi yang biasanya mereka lakukan. Bahkan pada kasus yang parah, depresi dapat memicu keinginan untuk bunuh diri. 

Untuk mencegah masalah ini menjadi berlarut-larut dan semakin membahayakan anak. Orang tua perlu mengetahui penyebabnya agar dapat melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan sejak awal. 

BACA JUGA:Bunda, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Adapun beberapa penyebab depresi pada anak ini telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

Penyebab Depresi pada Anak

Depresi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan biasanya merupakan respon mental seseorang dalam menghadapi persoalan hidup. 

Biasanya depresi ini akan muncul saat semua masalah sudah menumpuk di otak dan seseorang telah kehabisan cara untuk mengatasinya. 

Kategori :