Untuk Apa Naturalisasi ?

Untuk Apa Naturalisasi ?

Kedua pemain Sepakbola keturunan Indonesia yang saat ini tengah dilakukan Naturalisasi oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia di kancah Internasional.--(Sumber Foto: Radar Tasik/Disway.id)

Sandy pun selalu menjadi andalan di timnya dan selalu bermain sejak menit awal serta tak jarang mencetak gol dan assist.

BACA JUGA:Ini Daftar Nama Lulus Seleksi Panwascam di Seluma, Siapa Saja?

Jordi Amat sendiri sekarang memang hanya bermain di Liga Super Malaysia, tapi perlu dicatat perjalanan karir dari Jordi Amat ini bukanlah sembarangan, dia pernah memperkuat Swansea City di EPL serta Real Betis di Laliga, bukan hanya tampil bermain, ia pun bermain reguler di kedua tim tersebut dan timnya sekarang ini bukanlah klub ecek ecek.

Amat bermain di Johor Da’rul Tazim (JDT), klub ini ibaratnya seperti Real Madridnya Malaysia atau Man Citynya Malaysia, karena selain kaya klub Amat ini juga berprestasi luar biasa.

Klub terbesar di Negeri Jiran untuk sekarang ini, 10 kali juara LSM (Liga Super Malaysia) main di liga Champions Asia yang kita tahu betapa sulitnya untuk setidaknya berlaga di fase grup nya saja, terbukti klub-klub Indonesia tidak ada yang mampu tampil di liga Champions Asia ini.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Larang Polantas Lakukan Tilang Konvensional

Jadi, menurut saya naturalisasi berguna untuk meningkatkan kualitas timnas Indonesia secara instan. Tapi, juga harus memikirkan jangka panjang untuk timnas Indonesia kedepannya. 

Seperti pembinaan usia muda, perbaikan infrastruktur, serta liga yang bagus dan berkualitas yang bisa bersaing di kancah Asia. Karena kita tidak bisa selalu berfikir quick fix, harus ada prospek jangka panjang untuk persepakbolaan Indonesia. 

Penulis : Afif M Harwadi, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: