Senam sebagai Bentuk Pemberdayaan Kesehatan Pegawai dan Tenaga SDM di RSKJ Soeprapto

Senam sebagai Bentuk Pemberdayaan Kesehatan Pegawai dan Tenaga SDM di RSKJ Soeprapto

Foto bersama seluruh karyawan RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu, setelah mengikuti kegiatan senam kesehatan, Jum'at 10 Maret 2023.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Sudah menjadi agenda rutin setiap Jum'at pagi, Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Provinsi Bengkulu, menggelar senam pagi di halaman parkir RSKJ Soeprapto.

Setiap bulannya, aktivitas senam pagi ini dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pada Minggu kedua dan Minggu ketiga.

Disampaikan Uly Eva Magdalena, tenaga Promotor Kesehatan Instalasi Keswamas RSKJ, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Program Pemberdayaan SDM dalam bidang kesehatan, sehingga perlu terus dilaksanakan.

"Senam merupakan salah satu Program Pemberdayaan SDM di bidang kesehatan. Perlu dilakukan kegiatan tersebut secara rutin agar SDM di RSKJ memperoleh manfaat olahraga bagi kesehatan. Pada dasarnya olahraga apapun akan membawa manfaat baik bagi kesehatan fisik dan mental, minimal dilakukan 1 kali dalam seminggu," sampainya.


Karyawan RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu, saat mengikuti instruktur melakukan gerakan senam.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Adapun manfaat senam bagi kesehatan antara lain : 

1. Meningkatkan fungsi jantung, fungsi kognitif, daya tahan tubuh, kelenturan dan kebugaran tubuh

2. Menurunkan berat badan

3. Mengurangi stres dan meningkatkan mood

"Diharapkan, manfaat senam dapat meningkatkan semangat dan kinerja bagi SDM di RSKJ Soeprapto", tambahnya.

Dalam kegiatan kali ini, dipandu oleh Rini Handayani yang merupakan instruktur senam dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Menurut Eva Handayani, Koordinator Senam RSKJ Soeprapto, kegiatan ini memang diwajibkan untuk diikuti seluruh pegawai dan tenaga SDM yang ada, guna mendukung penuh program Pemerintah, yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).


Seluruh Karyawan RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu, saat mengikuti senam rutin di halaman Kantor.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

"Kegiatan ini dilaksanakan minimal dua kali satu bulan, tidak hanya untuk pegawai dan tenaga di RSKJ saja, namun pasien yang sudah aman dan kooperatif, juga sering diikutsertakan," sampainya, Jum'at 10 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: