Tok!! Menteri Agama Tetapkan Puasa, di Bengkulu Hilal Tidak Terlihat

Tok!! Menteri Agama Tetapkan Puasa, di Bengkulu Hilal Tidak Terlihat

Pemantauan Hilal yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu, Rabu 22 Maret 2023.--(Sumber Foto: Aap/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, Rabu 22 Maret sekira pukul 19.00 WIB secara resmi mengumumkan hasil pemantauan hilal, yang telah dilakukan dibeberapa titik di Indonesia.

Berdasarkan hasil pantauan tersebut, bahwa ketinggian hilal sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan ibadah puasa, pada Kamis 23 Maret 2023 besok.

BACA JUGA:7 Negara Ini Miliki Durasi Puasa Terlama di Dunia, Salah Satunya Finlandia

Sementara itu, Kanwil Kementrian Agama Provinsi Bengkulu, juga melakukan pemantauan Hilal sebagai penentu penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah, yang berlangsung serentak secara Nasional pada Rabu sore. 

Pemantauan hilal dilakukan di Mess Pemda lantai 3 (tiga) Provinsi Bengkulu, jalan Pasar Pantai Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. 

BACA JUGA:Periksa Daging yang Dijual Pedagang, Petugas Temukan Cacing Hati

Dihadiri oleh Kemenag Provinsi, Ketua Pengadilan Tinggi, MUI, Ormas Islam Provinsi Bengkulu, BMKG Bengkulu dan Kepahiang, serta beberapa pihak lainnya.

Dari hasil pengamatan hilal atau rukyatul hilal, petugas memang tidak dapat melihat hilal dari Mess Pemda Bengkulu.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan, Dapat Mencegah Kerutan di Kulit

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Muhammad Abdu mengatakan, bahwa penyebab tidak terlihatnya hilal di Provinsi Bengkulu, karena tertutup awan yang tebal.

"Berdasarkan hasil rukyatul hilal awal Ramadan, hilal tidak terlihat karena tertutup awan yang tebal dan hasil ini akan kita laporkan ke pusat sebagai bahan pertimbangan," ujarnya.

BACA JUGA:Intip 5 Pilihan Camilan Sehari-hari, Sehat dan Bikin Kenyang

Pemantauan dilakukan dengan teleskop, matahari terbenam, yaitu pukul 18.21 WIB hingga bulan terbenam pada 18.57 WIB dan pemantauan tersebut dilakukan selama 36,78 menit.   

Pada pemantauan tersebut, ketinggian hilal telah berada diposisi 8.160 derajat dengan posisi bulan berada di sembilan derajat sebelas menit sebelah utara atas matahari.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: