Hari Kiamat Akan Tiba, Simak 10 Tanda Kemunculannya Menurut Al Quran, Apa Saja?

Hari Kiamat Akan Tiba, Simak 10 Tanda Kemunculannya Menurut Al Quran, Apa Saja?

Ilustrasi. 10 tanda hari kiamat yang telah dijelaskan dalam Al Quran.--(Sumber Foto: Pinterest)

BETVNEWS - Berikut ini ada sejumlah tanda datangnya hari kiamat menurut Al Quran. Hal ini menjadi salah satu kepercayaan umat Islam, bahwa hari akhir diyakini akan terjadi.

Datangnya hari kiamat ini merupakan hari di mana seluruh alam semesta dan semua kehidupan yang ada di dalamnya hancur, tidak ada yang tersisa. Tidak dapat dipungkiri peristiwa tersebut akan terjadi dan tidak ada yang mengetahui kapan waktunya, kecuali Allah yang Maha Pencipta.

Meskipun begitu, Allah SWT telah memberikan beberapa tanda hari akhir yang dijelaskan dalam Al Quran. Tanda-tanda tersebut menjadi peringatan bagi manusia, untuk senantiasa menjalankan perintahnya.

BACA JUGA:Allah Memilih Nabi Isa Membunuh Dajjal Menjelang Hari Kiamat, Ternyata Begini Alasannya

Dalam surah Al-A'raf ayat 187, Allah SWAT berfirman, yang artinya:

"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Dilansir dari berbagai sumber, dalam Islam tanda-tanda akhir zaman yang pasti terjadi adalah munculnya Dajjal, Imam Mahdi, Nabi Isa AS, hingga kehancuran Ka'bah. Adapun sejumlah tanda tersebut lebih jelasnya dapat simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Nabi Muhammad SAW Telah Peringatkan Hal Ini! 6 Fitnah Akan Terjadi Saat Hari Kiamat Tiba, Apa Saja?

10 tanda hari kiamat

1. Muncul Imam Mahdi

Kedatangan Imam Mahdi merupakan tanda menjelang akhir zaman. Hal tersebut dijelaskan dalam riwayat Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

2. Dajjal

Kemudian, munculnya Dajjal sebagai penyebar fitnah di muka bumi yang menjadi tanda hari kiamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: