Muncul Lidah Api di Yaman Jadi Tanda Terakhir Hari Kiamat, Ini yang Akan Terjadi!

Muncul Lidah Api di Yaman Jadi Tanda Terakhir Hari Kiamat, Ini yang Akan Terjadi!

Ilustrasi. Munculnya lidah api di Yaman menjadi tanda terakhir hari kiamat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:4 Mahkluk Ini Akan Muncul Jelang Hari Kiamat, Bukan Hanya Dajjal! Siapa Mereka?

Kemudian, manusia perlu untuk menjauhi dan lari dari lidah api, dikarenakan bagi yang tidak menghindarinya ia akan celaka. Nabi Muhammad SAW lalu berpesan kepada setiap orang yang hendak melihat lidah api, supaya dapat berlindung ke daerah Syam.

Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Abdullah bin Umar dari Rasulullah SAW oleh Imam Ahmad dan Imam at-Tirmidzi. Sahabat-sahabat yang mendengar pernyataan Nabi Muhammad tentang hal itu bertanya, "Rasulullah, apa yang harus kami lakukan?"

Beliau menjawab, "Hendaknya kalian berlindung ke daerah Syam!"

BACA JUGA:Hati-hati, Ini 4 Golongan Manusia yang Memiliki Kedudukan Terburuk di Hari Kiamat, Siapa Saja?

Mengutip sumber yang serupa, banyak riwayat yang telah menunjukkan bahwa lidah api asalnya dari Hadhramaut atau laut Hahdramaut lalu dasarnya dari Kota 'Adn. Kedua wilayah itu berada di bagian selatan Jazirah Arab, kemudian Hadhramaut merupakan nama provinsi dan 'Adn adalah kota di Yaman.

Kemudian, Imam Bukhari juga meriwayatkan tentang adanya kemunculan api sebagai tanda kiamat. Namun, redaksi riwayat ini berbeda dengan hadits sebelumnya.

Dari Anas RA, ketika Abdullah bin Salam masuk Islam, ia melontarkan beberapa pertanyaan kepada Nabi SAW, di antaranya, "Tanda apa yang muncul pertama kali ketika hari kiamat datang?"

BACA JUGA:Mengenal Makhluk Mitologi Al Jassasah, Hewan yang Jadi Pengawal Dajjal Jelang Hari Kiamat

Nabi SAW menjawab, "Tanda yang pertama kali muncul ketika terjadi hari kiamat adalah api yang menggiring manusia dari timur ke barat."

Mengenai perbedaan dari hadits tersebut, Mahmud Al-Mishri Abu Ammar menerangkan dalam Kitab Rihlah Ila Ad-Dar Al-Akhirah, api itu sebagai tanda terakhir datangnya hari kiamat. 

Mengingat ada banyak tanda lainnya yang juga disebutkan dalam hadits Hudzaifah.  Jadi, pendapat tentang tanda pertama karena ia adalah tanda pertama yang tak ada lagi kehidupan manusia setelahnya.

BACA JUGA:Hari Kiamat Akan Datang, Ini 3 Golongan Manusia di Yaumul Hisab, Siapa Saja Mereka?

Inilah informasi tentang lidah api yang disebut sebagai tanda terkahir hari kiamat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: