dempo

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Dempo Xler: Nilai-nilai Pancasila Harus Ditanamkan Sejak Dini

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Dempo Xler: Nilai-nilai Pancasila Harus Ditanamkan Sejak Dini

Bakal Calon Gubernur Bengkulu, Dempo Xler mengajak masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Bakal Calon Gubernur BENGKULU, Dempo Xler mengajak masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. Menurutnya, Pancasila adalah hal yang sangat penting dan pedoman untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

"Pancasila sebagai landasan ideologi, sebagai falsafah hidup bangsa dan ideologi nasional. Ini dibentuk oleh founding father kita agar bangsa ini menjadi lebih kuat. Tanpa Pancasila, kehidupan bernegara itu akan berlangsung tanpa arah," kata Dempo, Sabtu 1 Juni 2024.

BACA JUGA:Komunitas Rindu Islam Bengkulu Gelar Aksi Bela Palestina, Desak Pemerintah Kirim Pasukan Pembebasan

Dempo mengatakan, nilai-nilai Pancasila itu harus segera ditanamkan dan diamalkan oleh semua generasi. Pancasila dapat menjadi norma yang mengatur setiap lini kehidupan sehingga koneksi antar generasi atau lapisan masyarakat dapat terjalin dengan teratur. 

"Nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak kita, tapi bukan cuma mereka, orang dewasa juga harus mengamalkan Pancasila dalam kehidupannya," ucap Dempo.

BACA JUGA:15.844 Debitur Menikmati Rp1,11 Triliun KUR di Provinsi Bengkulu, Berikut Rinciannya

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini diwarnai dengan semangat optimisme dan harapan untuk masa depan Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera. Dengan mengamalkan Pancasila, bangsa Indonesia diharapkan dapat terus bersatu dan berkembang dalam menghadapi segala tantangan zaman.

"Seluruh rakyat Indonesia hari ini memperingati Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Peringatan ini menjadi momentum penting untuk merenungkan kembali nilai-nilai dasar yang menjadi fondasi negara kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Rumah Warga Desa Sukarami Ludes Dilalap Si Jago Merah, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Pancasila, yang terdiri dari lima sila, dirumuskan oleh para pendiri bangsa pada tahun 1945 sebagai dasar negara Indonesia. Tanggal 1 Juni dipilih untuk memperingati momen bersejarah ketika Presiden pertama Indonesia, Soekarno, menyampaikan pidato yang mengusulkan konsep Pancasila di hadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

BACA JUGA:Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekda Isnan: Semangat Pancasila Jadi Modal Membangun Bengkulu

Dalam upacara yang diadakan di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya Pancasila sebagai pedoman dalam menghadapi tantangan global dan menjaga persatuan bangsa. 

"Pancasila bukan sekadar simbol, tetapi merupakan dasar yang mengikat kita sebagai bangsa yang majemuk," ujar Presiden dalam pidatonya.

BACA JUGA:Usulan Bantuan Sambungan Listrik Gratis untuk 6.431 Rumah Warga Bengkulu, Masuk Tahap Verifikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: