dempo

Bunda, Yuk Kenali Apa Itu Speech Delay pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Bunda, Yuk Kenali Apa Itu Speech Delay pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Bunda, yuk kenali apa itu speech delay pada anak yang perlu diwaspadai--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Biasanya anak yang menunjukkan speech delay atau keterlambatan dalam berbicara ini kesulitan dalam memulai bicara atau kesulitan dalam mengucapkan kata-kata dengan jelas. 

Meski demikian, anak yang mengalami speech delay tetap memiliki kemampuan sosial dan juga kemampuan emosional yang normal seperti anak pada umumnya. 

BACA JUGA:Bunda, Ajarkan 5 Cara Ini Agar Anak Cintai Diri Sendiri, Buat Mereka Merasa Berharga

Keterlambatan berbicara ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik seperti faktor genetik, faktor lingkungan, dan juga kesehatan. 

Bukan hanya itu saja, speech delay ini juga dapat dapat disebabkan oleh gangguan pendengaran, kurangnya stimulasi verbal dari orang lain, keterlambatan perkembangan secara umum hingga masalah psikologis yang dialami anak.  

BACA JUGA:5 Tanda Anak Alami Trauma Emosional yang Perlu di Waspadai, Perubahan Emosi hingga Jadi Lebih Manja

Biasanya anak yang jarang diajak bicara atau kurang mendengar bahasa yang cukup cenderung mengalami keterlambatan bicara ini. 

Tidak hanya itu, anak yang sering mengalami infeksi telinga juga beresiko lebih tinggi mengalami speech delay lantaran terdapat masalah pendengaran yang tidak terdeteksi. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Kenali Ciri-ciri Anak Alami Depresi, Mudah Marah hingga Terus Gelisah

Mengenali tanda-tanda dari speech delay ini penting untuk dilakukan sejak diri agar dapat melakukan tindakan pengobatan segera. 

Biasanya tanda yang terlihat pada anak yang ini seperti anak yang tidak mengoceh pada usia 15 bulan, anak yang tidak mengucapkan kata-kata sederhana pada usia 18 bulan, hingga tidak mampu menyusun kalimat sederhana saat berusia 3 tahun.

BACA JUGA:5 Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Anak, Nomor 4 Paling Sering Dilakukan

Jika orang tua menemukan tanda-tanda ini pada anak, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis perkembangan anak agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut. 

Melansir laman siloamhospital, berikut beberapa parameter yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk dapat mengamati apakah anak mengalami speech delay atau tidak. Berikut parameternya. 

BACA JUGA:Lakukan Sejak Dini! Ini 7 Tips Didik Anak Agar Cerdas, Salah Satunya Kenali Gaya Belajar Mereka

  • Usia 2 tahun: Ketidakmampuan mengucapkan setidaknya 25 kata atau tidak mampu menyebutkan nama-nama benda dengan benar
  • Usia 2,5 tahun: Ketidakmampuan menggunakan frasa dua kata atau kombinasi kata benda atau tidak mampu menyebutkan nama anggota badan dengan benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: