dempo

12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Jaga Kesehatan Jantung

12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Jaga Kesehatan Jantung

12 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, turunkan berat badan hingga jaga kesehatan jantung--(Sumber Foto: Doc/BETV)

5. Menjaga Fungsi Otak

Kopi hitam dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak sehingga dapat pula membantu menurunkan resiko penyakit Alzheimer hingga Demensia. Seperti yang dijelaskan di dalam Jurnal Pratical Neurology, konsumsi kopi diketahui dapat mencegah penurunan fungsi kognitif pada otak. 

BACA JUGA:Traktat London, Revolusi Dunia Berbalut Aroma Lada dan Kopi Wilhelmina di Bumi Rafflesia

6. Mencegah Depresi dan Menaikkan Mood

Melansir dari laman halodoc.com, Jurnal Nutrients memperlihatkan penelitian yang menunjukkan bahwa kelompok orang yang mengkonsumsi empat cangkir kopi setiap harinya memiliki angka depresi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi satu cangkir. 

Penelitian ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui jumlah yang tepat dalam pengoptimalan manfaat tersebut.

BACA JUGA:Bukan Hanya Pahit, Kenali Karakteristik dan Jenis Robusta, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Mengonsumsi kopi juga dapat menaikkan mood karena dapat memberi energi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kepuasan, ketenangan, hingga kasih sayang. Bahkan temuan penelitian ikut menunjukkan bahwa tidak ada emosi negatif yang muncul karena konsumsi kopi. 

7. Menjaga Kesehatan Hati dan Jantung

Kopi hitam juga dapat menjaga kesehatan hati dan menurunkan resiko gangguan jantung. Penelitian dalam World Journal Of Hepatology menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam memiliki resiko yang rendah mengalami kematian akibat masalah gangguan hati. 

BACA JUGA:Jangan Hanya Jadi Penikmat Saja! Ketahui Juga Jenis dan Karakteristik Rasa Kopi Arabika Ini

Hal ini sejalan dengan Journal Of Clinical Gastroenterology yang menyebutkan bahwa minum kopi bisa mengurangi lemak pada hati. 

Senyawa kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati. Kopi juga dapat melindungi hati dari sirosis karena temuan menunjukkan bahwa orang yang minum 4 cangkir kopi memiliki resiko hingga 80% lebih rendah. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: