dempo

Meskipun Memiliki Banyak Manfaat, Jambu Biji Bisa Picu Efek Samping Jika Dikonsumsi Berlebihan, Cek Apa Saja

Meskipun Memiliki Banyak Manfaat, Jambu Biji Bisa Picu Efek Samping Jika Dikonsumsi Berlebihan, Cek Apa Saja

Jambu biji bisa picu efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, apa saja? Cek ulasannya hanya di sini.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Intip Nutrisi dan 6 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan, Ampuh Mencegah Berbagai Macam Penyakit

1. Dapat Menimbulkan Alergi

Meskipun jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan jika jambu biji dapat menyebabkan bebrapa efek seperti alegri jika dikonsumsi secara berlebihan.

Orang dengan gejala alergi buah biasanya akan mersakan gatal yang amat luar biasa. Selain gatal, gejala lainnya seperti ruam kemerahan dan iritasi dapat muncul diarea kulit.

Untuk mencegah kondisi ini, satu-satunya cara adalah dengan memastikan dengan jelas yaitu menjalani tes alergen ke dokter.

BACA JUGA:Cabai hingga Jambu Biji, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Sumber Vitamin C untuk Tubuh

2. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Efek samping mengosumsi jambu biji terlalu banyak dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Jambu biji adalah buah yang mempunyai kandungan serat paling tinggi yang mana ampuh membantu mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Kendati demikian, jika dikonsumsi terlalu banyak maka semua manfaat berubah menjadi kebalikan. Mengonsumsi buah jambu biji terlalu banyak dapat menyebabkan sembelit dan gangguan pada usus besar. Sebagian besar gejala pada umumnya ialah sakit perut, kembung, diare, bahkan susah BAB.

BACA JUGA: Redakan Nyeri Haid hingga Turunkan Gula Darah, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

3. Berpotensi Terkena Radang Usus Buntu

Efek samping mengonsumsi jambu biji terlalu banyak  selanjutnya ialah dapat berpotensi terkena radang usus buntu. Radang usus buntu dapat terjadi apabila terlalu banyak menelan bijinya.

Diketahui jika lambung tidak bisa mencerna biji dari jambu biji secara optimal, di mana biji tersebut tidak hancur dalam proses pencernaan, hanya akan menyumbat pada organ usus buntu.

Jika dibiarkan terlalu lama, takutnya memicu penyakit usus buntu dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mengatasi usus buntu, solusi yang paling tepat ialah dengan prosedur operasi. 

BACA JUGA:5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Demam Berdarah, Salah Satunya Jambu Biji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: