dempo

7 Tanda Tubuh Alami Asam Urat yang Perlu Diwaspadai, Nyeri di Jempol Kaki hingga Muncul Benjolan

7 Tanda Tubuh Alami Asam Urat yang Perlu Diwaspadai, Nyeri di Jempol Kaki hingga Muncul Benjolan

7 tanda tubuh alami asam urat yang perlu diwaspadai, nyeri di jempol kaki hingga muncul benjolan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Rasa nyeri di malam hari ini menjadi salah satu tanda yang plign sering dialami oleh pederita asam urat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sebagai berikut. 

BACA JUGA:Kenali 7 Gejala Asam Urat pada Tubuh, Salah Satunya Nyeri di Siku dan Lutut

a. Perubahan suhu yang lebih rendah pada malam hari, sehingga mendorong asam urat untuk membentuk kristal yang menimbulkan rasa sakit. 

b. Faktor karbon dioksida yang tidak dikeluarkan secara ekstra selama tidur dapat meningkatkan tingkat keasaman darah. Alhasil memicu produksi asam urat. 

BACA JUGA:Jahe hingga Kunyit, 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Atasi Asam Urat, Coba Sekarang!

c. Faktor sleep apnea yang diderita oleh Anda. Menurut Arthritis Research and Therapy, penderita sleep apnea berpotensi 1,86 kali untuk memiliki asam urat. Namun, bisa didukung oleh faktor lain, seperti usia yang lebih tua, jenis kelamin laki-laki, indeks masa tubuh (BMI) memasuki level obesitas.

4. Nyeri yang Tiba-tiba Datang dan Pergi

Selain nyeri yang terjadi pada malam hari dan mengganggu waktu tidur, nyeri yang terjadi akibat asam urat ini juga dapat datang dan pergi begitu saja. 

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Ini 7 Tanda Tubuh Mengalami Asam Urat, Salah Satunya Nyeri di Jempol Kaki

Terkadang penderitanya akan mengalami rasa sakit yang tak tertahankan lalu beberapa hari kemudian rasa sakit itu tidak akan muncul dalam waktu yang lama sehingga seringkali penderitanya akan menganggap jika hal tersebut sama sekali bukan apa-apa dan mengabaikannya. 

Oleh sebab itu, banyak penderita asam urat yang mengabaikan hal ini berujung mengalami sakit yang semakin parah. 

BACA JUGA:Wow! 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Asam Urat Tanpa Efek Samping, Salah Satunya Jahe

Meski gejala asam urat ini dapat hilang dengan sendirinya, namun tidak menutup kemungkinan jika gejala ini akan timbul di waktu tertentu sehingga sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika merasakan sakti di area persendian. 

5. Demam dan Menggigil

Pada beberapa orang, demam, menggigil, serta tubuh yang lemas yang menyerupai gejala flu ini merupakan gejala awal dari munculnya asam urat lantaran kristal asam urat yang menumpuk melepas protein sitokin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: