dempo

Orang Tua, Yuk Kenali 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget Ini, Cegah Sebelum Terlambat

Orang Tua, Yuk Kenali 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget Ini, Cegah Sebelum Terlambat

Orang tua, yuk kenali 5 penyebab anak kecanduan gadget ini dan cegah sejak sebelum terlambat--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Penyebab Anak Kecanduan Gadget

1. Kurangnya Pengawasan Dari Orang Tua

Penyebab anak kecanduan gadget pertama dan yang paling sering terjadi adalah karena kurangnya pengawasan dari orang tua. 

Bahkan banyak orang tua yang menggunakan gadget sebagai cara dan juga jalan keluar untuk dapat menyibukkan dan mengalihkan perhatian anak-anak jika orang tua memiliki kesibukan lain. 

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Atasi Mata Minus di Usia Muda, Pengguna Aktif Gadget Wajib Tahu

Karena hal inilah penggunaan gadget menjadi tidak terpantau oleh orang tua sehingga anak akan menggunakan gadget secara berlebih dan membuat mereka kecanduan. 

2. Melihat Kebiasaan Orang Tua

Orang tua merupakan teladan bagi orang tua sehingga perilaku orang tua juga akan ditiru oleh anak, termasuk dalam hal penggunaan gadget ini. 

BACA JUGA:Cegah Kasus Asusila, Dispendikbud Seluma Minta Guru Awasi Penggunaan Gadget Siswa

Jika anak sering melihat orang tua bermain gadget, maka mereka pun lama kelamaan akan mencontoh perilaku tersebut dan menganggap hal itu merupakan hal yang boleh untuk dilakukan. 

Oleh sebab itu, orang tua perlu mencontohkan hal-hal yang baik karena jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan anak menjadi kecanduan gadget. 

BACA JUGA:Saat Anak Rewel Hindari Beri Gadget, Orang Tua Perlu Lakukan 4 Hal Ini

3. Merasakan Kepuasan Instan

Penyebab lainnya yang menyebabkan anak kecanduan gadget adalah adanya rasa kepuasaan instan yang mereka rasakan dengan sekali sentuhan layar. 

Hanya melalui gadget, mereka bisa menikmati beragam informasi, hiburan, sampai permainan yang mereka inginkan hingga pada akhirnya hal ini dapat menimbulkan efek ketagihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: