dempo

Kenali Istilah Strict Parents, Pola Asuh Penuh Tuntutan yang Bikin Anak Terkekang, Apa Dampaknya?

Kenali Istilah Strict Parents, Pola Asuh Penuh Tuntutan yang Bikin Anak Terkekang, Apa Dampaknya?

Ilustrasi. Kenali istilah strict parents, pola asuh penuh tuntutan yang bikin anak terkekang, apa dampaknya?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Saat memasuki dunia orang tua, mengenal istilah strict parents menjadi salah satu hal yag perlu dilakukan agar dapat mengetahui akibatnya pada tumbuh kembang anak

BACA JUGA:6 Ciri Strict Parents yang Paling Sering Ditemui, Salah Satunya Terlalu Menuntut

Definisi strict parents sendiri seringkali dikaitkan dengan orang tua yang terlalu mengekang anak dan melarang anak untuk melakukan banyak hal dan di saat bersamaan memiliki banyak tuntutan. 

Definisi ini merupakan hal yang cukup tepat lantaran strict parents merupakan pola pengasuhan ketat dari orang tua sehingga melibatkan berbagai aturan dan juga pembatasan yang kaku pada anak. 

BACA JUGA:4 Tipe Parenting pada Anak, Ada Otoritatif hingga Pola Asuh Tak Terlibat, Kamu yang Mana?

Pembatasan yang kaku ini bisa merupa perilaku, pilihan, aktivitas, ideologi yang dipegang, hingga rutinitas harian yang dilakukan oleh anak. 

Istilah strict parents sendiri merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti orang tua yang ketat dan kaku sehinga merujuk pada orang tua yang memberikan aturan ketat pada anak. 

BACA JUGA:6 Bahaya Toxic Parents yang Wajib Diketahui, Bisa Bikin Anak Rendah Diri

Strict parents ini diberlakukan dengan harapan agar anak bisa patuh, namun ternyata pola asuh ini justru dapat memberikan banyak dampak negatif pada anak. 

Orang tua strict parents seringkali menggunakan jenis pola asuh otoriter akan memberikan banyak aturan ketat yang harus dipahami oleh anak. Tidak hanya itu, orang tua ini biasanya juga akan menaruh espektasi yang tinggi pada anak mereka. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! 7 Dampak Toxic Parents Ini Fatal untuk Anak, Bisa Tulari Anak di Masa Depan

Bagi orang tua yang menjadi strict parents ini, aturan yang biasanya ditetapkan oleh mereka sama sekali tidak bisa ditawar sehingga pergerakan anak akan semakin dibatasi. 

Meski sebenarnya menerapkan aturan pada anak merupakan hal yang wajar, namun strict parents seringkali memberikan aturan yang justru terkesan berlebihan. 

BACA JUGA:Waspada Toxic Parenting, Bisa Pengaruhi Mental Anak, Kamu Salah Satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: