dempo

5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

5 manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh, bisa cegah kanker usus hingga turunkan resiko batu ginjal--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak, Perbanyak Asupan Serat hingga Pilih Susu yang Tepat

Dan saat tekanan darah ini tidak terkendali, maka kondisi ini dapat berdampak pada perkembangan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. 

4. Mencegah Kanker Usus Besar

Bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tulang dan gigi, kebutuhan kalsium yang sesuai di dalam tubuh juga dapat membantu mencegah penyhakit kanker usus besar. 

BACA JUGA:7 Penyebab Sembelit pada Anak, Alergi Susu Sapi hingga Kurang Konsumsi Serat

Meski demikian, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lantaran terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini, seperti obesitas, kebiasaan merokok hingga pola makan yang buruk. 

5. Menurunkan Resiko Penyakit Batu Ginjal

Manfaat kalsium yang berikutnya adalah untuk menurunkan resiko batu ginjal terutama pada wanita dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium. 

BACA JUGA:Enak dan Bikin Nagih, Cobain Resep Puding Cokelat Vla Susu Ini, Dijamin Antigagal

Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan tidak menggantinya dengan mengonsumsi suplemen kalsium karena konsumsi suplemen tidak akan memberikan efek yang sama pada tubuh. 

Bahkan kalsium dalam bentuk pil justru dapat meningkatkan resiko batu ginjal sehingga sebaiknya kamu perhatikan kembali dosis pemakaiannya. 

Sementara kalsium yang diperoleh melalui makanan dapat membantu mengurangi pembentukan batu ginjal dengan menurunkan penyherapan oksalat yang membentuk batu kalsium oksalat. 

BACA JUGA:Penderita Diabetes Perlu Konsumsi 7 Minuman Ini! Salah Satunya Susu Rendah Lemak

Nah itu tadi 5 manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Yuk penuhi asupan kalsium harian dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga membantu!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: