dempo

Hindari Penyakit, Ini 7 Tes Kesehatan yang Perlu Rutin Dilakukan Lansia

Hindari Penyakit, Ini 7 Tes Kesehatan yang Perlu Rutin Dilakukan Lansia

Hindari penyakit, ini 7 tes kesehatan yang perlu rutin dilakukan lansia--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Melansir dari laman halodoc.com, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan jika sebesar 54 persen pria dan 69 persen wanita yang berada di antara usia 65 dan 74 tahun mengalami tekanan darah tinggi. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Lansia, Jalan Kaki hingga Renang

Penyakit hipertensi ini sendiri sering juga dikenal sebagai silent killer lantaran gejalanya idak akan muncul hingga pengidap telah sampai pada tahap yang parah. 

Bahkan jika tidak segera ditangani, hipertensi ini dapat eningkatkan resiko stroke dan juga serangan jantung. Oleh sebab itu, pastikan lansia melakukan tes kesehatan yang satu ini setidaknya selama setahun sekali. 

BACA JUGA:Inilah 6 Daftar Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Oleh Anak-anak dan Lansia

2. Tes Darah Lipid

Tes kesehatan berikitnya yang perlu rutin dilakukan lansia adalah pemeriksaan darah lipid yang bertujuan untuk mengkur kadar kolesteril dan juga trigliserida. 

Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko serangan jantung dan juga stroke. Biasanya jika tes menunjukkan bahwa kadar trigliiserida tinggi, maka dokter akan merekomendasikan diet, perubahan gaya hodup atau meresepkan obat-obatan. 

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga Ini Cocok untuk Lansia, Ada Jalan Kaki hingga Bersepeda

3. Pemeriksaan Kanker Kolorektal

Pemeriksaan berikutnya yang perlu dilakukan lansia adalah pemeriksaan kanker kolorektal yang merupakan jenis kanker yang tubuh di dalam kolon atau usus. 

Hal ini lantaran resiko kanker tesebut akan meningkat seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi kanker ini melalui sebuah tes bernama kolonoskopi. 

BACA JUGA:Segini Besaran Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia, Anak dan Lansia Berbeda, Segera Cek Punyamu!

Setelah memasuki usia 50 tahun, biasanya lansia dianjutkan untuk melakukan kolonoskopi ini setiap 10 tahun sekali. Jika terdapat penemuan polip atau jika lansia memiliki riwayat penyakit ini di dalam keluaga, maka pemeriksaan perlu dilakukan lebih sering. 

4. Vaksinasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: