dempo

Hati-hati! Jangan Konsumsi Sayur Kol Jika Kamu Idap Penyakit Ini Karena Bisa Berakibat Fatal, Apa Saja?

Hati-hati! Jangan Konsumsi Sayur Kol Jika Kamu Idap Penyakit Ini Karena Bisa Berakibat Fatal, Apa Saja?

Hati-hati! Jangan konsumsi sayur kol jika kamu idap penyakit ini karena bisa berakibat fatal, apa saja?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Jika kamu tengah mengalami diare, maka sebaiknya hindari konsumsi sayur kol karena mengonsumsinya saat diare dapat memperparah kondisi yang satu ini. 

BACA JUGA:5 Ide Olahan Kembang Kol Lezat, Rekomendasi Buat Menu Sarapan, Cek Resepnya

Hal ini lantaran sayur kol mengandung serat yang tinggi sehingga tingginya kandungan serat tak larut yang ada di dalam sayur kol ini dapat meningkatkan pergerakan limbah di dalam saluran pencernaan. 

Oleh sebab itu, mengonsumsi terlalu banyak serat saat diare ini dapat menyebabkan gejala diare semakin parah sehingga sebaiknya ganti sayuran yang kamu konsumsi saat tengah mengalami kondisi ini. 

BACA JUGA:Kembang Kol Goreng Tepung, Menu Sarapan yang Lezat dan Bikin Nagih, Cek 5 Resep Lainnya di Sini

2. Perut Kembung

Jika kamu tengah mengalami perut kembung, kamu juga perlu menghindari konsumsi sayur kol karena kol mengandung sejumlah besar riffinosa, yaitu gula yang tidak dapat dicerna. 

Kandungan gula ini merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang melewati usus dan tidak tercerna sehingga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. 

BACA JUGA:Kendalikan Berat Badan hingga Tangkal Radikal Bebas, Ini 7 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh seperti bersendawa, ketidaknyamanan pertu dan kembung. Kondisi ini tentunya akan semakin parah jika tengah mengalami kembung. 

3. Hipotiroid

Jika kamu mengalami kondisi hipotiroid, maka kamu sebaiknya tidak mengonsumsi sayur kol karena dapat berdampak buruk pada kesehatanmu. 

BACA JUGA: Goreng Tepung hingga Karage, Ini 5 Resep Olahan Kembang Kol Rekomendasi untuk Menu Sarapan

Hipotiroid ini sendiri merupakan kelainan yang diakibatkan oleh kekurangan hormon tiroid yang biasanya menyerang wanita berusia lanjut. 

Bahkan mengonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan hipotiroidisme lantaran kol memiliki kandungan glukosinulat yang merupakan senyawa yang mengandung belerang dan nitrogen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: