7 Bahaya Mandi Malam untuk Kesehatan, Sebabkan Otot Kaku Salah Satunya

7 Bahaya Mandi Malam untuk Kesehatan, Sebabkan Otot Kaku Salah Satunya

Ilustrasi. Bahaya mandi malam untuk kesehatan.--(Sumber foto: Doc/BETV)

Bahanya mandi malam yang pertama adalah dapat memperburuk gejala rematik. Suhu saat malam hari sangat berbahaya untuk penderita penyakit ini karena dapat menyebabkan bengkak pada persendian.

Rematik merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan gejala seperti persendian kaku, bengkak, terutama di jari-jari tangan atau kaki.

BACA JUGA:KPU Seluma Mulai Kosongkan Gudang, Logistik Bekas Pemilu 2024 Segera Dilelang

BACA JUGA:Benar-benar Ampuh Redakan Stres, Ini 10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan, Kamu Wajib Coba

Hal ini telah dilakukan penelitian dengan jurnal Reumatologia Clinica, suhu yang terlalu dingin dapat memperparah gejala rematik, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia.

2. Menyebabkan otot kaku


--(Sumber foto: Web/halodoc.com)

Kedinginan akibat mandi malam juga dapat membuat otot menjadi kaku. Hal ini karena suhu dingin yang mengguyur tubuh dapat membuat sirkulasi darah menurun lalu menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan kaku.

Mandi malam tidak hanya berbahaya bagi penderita rematik. Namun, juga berbahaya untuk kondisi tubuh yang sehat sekalipun. Selain menyebabkan otot menjadi kaku, mandi malam juga dapat membuat demam.

BACA JUGA:Cek di Sini! 5 Ciri-ciri Body Lotion Terindikasi Abal-abal, Ini Bahaya yang Ditimbulkan Pada Kulit

BACA JUGA:Cukup Tidur Tepat Waktu Setiap Hari, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan

3. Bisa menyebabkan flu

Jika mandi saat pagi hari dapat menyembuhkan flu, berbeda dengan mandi malam yang malah menyebabkan flu. Hal ini karena virus pada tubuh lebih cepat menyebar dalam keadaan suhu tubuh yang renda atau saat kedinginan.

Flu tidak hanya dapat menyebabkan hidung tersumpat namun, juga dapat memicu terjadinya demam dan sakit kepala.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Yale University tahun 2015. Dari penelitian ini diketahui bahwa virus yang menginfeksi rongga hidung yang bersuhu dingin lebih mudah menimbulkan penyakit influenza daripada yang menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: