KPU

Hati-hati! 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Kamu Jadi Pelupa, Salah Satunya Kurang Olahraga

Hati-hati! 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Kamu Jadi Pelupa, Salah Satunya Kurang Olahraga

Ilustrasi. Hati-hati! 5 kebiasaan sehari-hari ini bikin kamu jadi pelupa, salah satunya kurang olahraga--(Sumber : Doc/BETV)

Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membuatmu Menjadi Pelupa

1. Kurang Tidur  


--(Sumber : iStockPhoto)

Kebiasaan pertama yang bisa membuatmu menjadi pelupa adalah kurang tidur. Hal inu lantaran tidur yang cukup menjadi kunci untuk menjaga kesehatan otak. 

Selama tidur, otak memproses informasi yang telah dipelajari sepanjang hari dan menyimpannya dalam ingatan jangka panjang. 

Kurang tidur terutama jika terjadi dalam jangka panjang, dapat mengganggu proses ini dan menyebabkan masalah seperti kesulitan berkonsentrasi, penurunan kognisi, dan bahkan gangguan mood. 

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur antara 7-9 jam setiap malam. Dengan membangun rutinitas tidur yang baik, seperti menetapkan jam tidur dan bangun yang konsisten maka dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:Ini 7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Diketahui, Stres Termasuk Salah Satunya

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Gelar Sosialisasi Cegah Pelajar Terlibat Geng Motor

2. Pola Makan Tidak Sehat  

Selain kurang tidur, pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab seseorang menjadi pelupa lantaran apa yang dimakan berpengaruh besar pada fungsi otak. 

Makanan yang tinggi gula, garam, dan juga lemak jenuh tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat memengaruhi daya ingat seseorang. 

Sementara itu, makanan yang kaya antioksidan, omega-3, dan vitamin B sangat baik untuk otak.

Beberapa makanan seperti ikan salmon, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan daya ingat. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan olahan dan memperbanyak makanan segar adalah langkah yang bijak untuk menjaga kesehatan otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: