KPU

Perutmu Buncit? Ini 5 Kemungkinan Penyebab Penumpukan Lemak Perut, Cek Apa Saja!

Perutmu Buncit? Ini 5 Kemungkinan Penyebab Penumpukan Lemak Perut, Cek Apa Saja!

Ilustrasi. Penyebab lemak di perut --(Sumber : Doc/BETV)

1. Pola Makan yang Tidak Sehat


--(Sumber : iStockPhoto)

Pola makan yang tidak seimbang adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi pada penumpukan lemak di perut seseorang. 

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan dapat memicu peningkatan berat badan, terutama di area perut. 

Tidak hanya itu, makanan cepat saji yang kaya kalori dan kurang nutrisi seperti burger, pizza, dan makanan ringan kemasan juga sering kali dipilih karena kemudahan dan rasanya yang menggugah selera.

Padahal jika kandungan kalori yang tinggi dalam makanan tersebut tidak diimbangi dengan jumlah aktivitas fisik yang cukup dapat membuat tubuh kesulitan membakar kalori berlebih.

Akibatnya, lemak akan terakumulasi, terutama di bagian perut sehingga menyebabkan perut menjadi buncit. 

Oleh sebab itu, penting menyadari pentingnya pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak, untuk mencegah penumpukan lemak ini.

BACA JUGA:Jangan Kalap! Ini 5 Efek Samping Konsumsi Buah Murbei Berlebihan, Bisa Berefek Buruk pada Hati

BACA JUGA:Bukan Cuma Lezat, Ini 6 Manfaat yang Ditawarkan Buah Murbei untuk Kesehatan, Apa Saja?

2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik juga berperan signifikan dalam penumpukan lemak di perut. 

Hal ini lantaran ketika tubuh tidak bergerak secara cukup, kalori yang masuk melalui makanan tidak terbakar dengan efektif. 

Bahkan terdapat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tidak melakukan aktivitas fisik teratur cenderung mengalami peningkatan lemak tubuh, termasuk di area perut.

Aktivitas fisik yang teratur, seperti jogging, bersepeda, atau mengikuti kelas kebugaran, sangat penting untuk menjaga keseimbangan kalori. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: