Tinggal Menghitung Hari, Inilah Dalil dan Hukum tentang Puasa Ramadhan 2024

Tinggal Menghitung Hari, Inilah Dalil dan Hukum tentang Puasa Ramadhan 2024

Tinggal menghitung hai, inilah dalil dan hukum tentang puasa ramadhan 2024--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Terdapat beberapa dalil yang menjelaskan tentang puasa Ramadhan ini. Kewajiban berpuasa sendiri telah ditegaskan oleh Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah ayah 183. 

BACA JUGA:Semarak Pawai Ta'aruf Sambut Ramadhan 1445 H di Bengkulu Utara, Diikuti Ribuan Peserta

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah [2]: 183)

BACA JUGA:Tinggal Menghitung Hari, Yuk Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Muslim

Selain ayat tersebut, Rasulullah SAW juga turut bersabda mengenai puasa Ramadhan ini seperti yang diriwayatkan oleh HR Al-Bukhari dan Muslim. 

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ (رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ)

Artinya: "Islam dibangun di atas lima perkara: (1) bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; (2) menunaikan shalat; (3) menunaikan zakat; (4) menunaikan haji ke Baitullah; dan (5) berpuasa Ramadhan" (HR Al-Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Sambut Ramadhan 2024 dengan Gembira, Yuk Ingat Kembali Bacaan Niat Sahur dan Buka Puasa Lengkap dengan Artinya

2. Surah Al-Baqarah Ayat 184

Dalil berikutnya masih berasal dari Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 184 yang menerangkan tentang ketentuan dalam melaksanakan ibadah puasa seperti kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT pada mereka yang tengah sakit atau dalam perjalanan. 

Ayat ini berbunyi :

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ - ١٨٤

BACA JUGA:Ada Sambal Tahu Tempe yang Kaya Protein, Inilah 3 Rekomendasi Menu Sahur Praktis untuk Ramadhan 2024

Artinya: "(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

BACA JUGA:Mudah dan Enak! Ini 3 Rekomendasi Menu Sahur di Bulan Ramadhan 2024 Yang Bisa Kamu Coba

3. Surah Al-Baqarah Ayat 185

Masih dalam surah yang sama, Allah berfirman tentang bulan Ramadhan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an. 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: