Catat! Inilah Pola Makan Sehat yang Perlu Dilakukan Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

 Catat! Inilah Pola Makan Sehat yang Perlu Dilakukan Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Catat! Inilah pola makan sehat yang perlu dilakukan saat berpuasa di bulan Ramadhan--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Asupan makanan ini dapat membantu tubuh untuk mempertahankan kadar gula darah di dalam tubuh agar tetap stabil selama puasa, sehingga tidak mudah lapar. 

BACA JUGA:Siap-siap Ramadan, Ini 4 Resep Bumbu Urap Simple, Auto Buka Puasamu Makin Nikmat

Selain itu, kamu juga sebaiknya memnghindari atau membatasi makanan yang digoreng agar tidak mudah lapar saat berpuasa. Sebagai gantinya, amu dapat mengolah meu sahur dengan cara dikukus atau direbus. 

Untuk camilannya, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan kestabilan kadar gula darah saat puasa. 

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini Hukum Puasa Tanpa Sahur Menurut Ustadz Adi Hidayat

Selain itu, kamu juga perlu mencukupi asupan air putih saat makan sahur dengan mengonsumsi setidaknya dua gelas air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa. 

Untuk menghindari tubuh lemas, kamu juga sebaiknya menghindari tidur setelah sahur karena dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan. 

BACA JUGA:Seluma Punya Spot Menarik untuk Ngabuburit di Bulan Puasa, Berikut 4 Rekomedasi Tempat yang Bisa Dikunjungi

2. Pola Makan Saat Berbuka

Setelah menerapkan pola makan sehat saat sahur, kamu juga perlu menerapkan pola makan sehat saat berbuka. Hal ini penting untuk dilakukan lantaran kebanyakan orang akan memakan apa saja yang tersaji di atas meja. 

Sikap kalap karena telah lapar seharian ini perlu untuk dihindari agar tidak menimbulkan masalah lain seperti perut yang kembung, begah, hingga masalah pencernaan lainnya. 

BACA JUGA:Bisa Jadi Referensi, Inilah Rekomendasi Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa di Puasa Pertama Ramadhan 2024

Untuk itu, kamu bisa memulai berbuka dengan perlahan yang dimulai dengan kudapan manis seperti kurma atau buah-buahan seperti melin, semangka dan juga berbagai buah lainnya yang dapat menaikkan kembali kadar gula darah yang turun selama berpuasa. 

Pastikan juga untuk tidak makan secara berlebihan karena selain dapat memicu masalah pencernaan juga dapat mengakibatkan rasa kantuk dan malas sehingga kamu tidak bisa melakukan ibadah lainnya seperti Sholat Tarawih. 

BACA JUGA:Sehat dan Lezat, Makanan Ini Wajib Tersaji di Meja Makan Saat Berbuka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: