dempo

Bersihkan Jiwa hingga Obati Berbagai Penyakit, Ini 8 Manfaat Puasa dalam Islam

Bersihkan Jiwa hingga Obati Berbagai Penyakit, Ini 8 Manfaat Puasa dalam Islam

Ilustrasi. Manfaat puasa dalam islam.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Buah Kurma hingga Es Cendol, Ini 7 Takjil Rekomendasi untuk Buka Puasa Dzulhijjah

2. Agar Mencapai Derajat Takwa

Manfaat puasa dalam islam selanjutnya adalah dapat membantu mencapai derajat takwa. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa berpuasa adalah ibadah yang hanya diketahui Allah SWT dan yang menjalankan saja.

Maka dengan seorang muslim berpuasa dan menahan hawa nafsu serta menghidari semua larangannya maka hal tersebutlah yang dikatakan takwa pada Allah SWT. Ketakwaan tersebut dapat menjadikan kamu muslin yang beriman.

Sebagaimana yang disampaikan Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

BACA JUGA:Es Buah Melon Selasih hingga Es Lumut Mangga, Ini 7 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa Dzulhijjah

3. Proses Mendidik Diri

Manfaat puasa dalam islam berikutnya adalah proses mendidik diri. Dengan berpuasa maka seorang muslim harus mengendalikan hawa nafsunya.

Tidak hanya menahan lapar dan haus namun juga mendidik diri agar tidak melakukan perpuatan yang dilarang oleh Allah SWT seperti menggunjing, berbohong, atau mencaci maki seseorang.

Dengan puasa, seseorang dilatih untuk membiasakan diri bersabar, berjihad di jalan Allah SWT, juga berusaha untuk menahan kebiasaannya sehingga manjadi pribadi yang lebih baik. 

4. Melatih untuk Menahan Syahwat

Manfaat puasa dalam islam lainnya adalah melatih untuk menahan syahwat. Sebagai manusia seringa kali kita lalai dalam perbuatan, tingkah laku ataupun ucapan.

Dengan berpuasa kita dilatih harus melawan syahwat dan senantiasa hanya mengharapkan ridha Allah SWT.

BACA JUGA:5 Tips Sehat Puasa di Bulan Dzulhijjah, Minum Cukup Air saat Sahur dan Berbuka

5. Punya Hikmah Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: