Sering Disepelekan, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gemuk Loh!

Sering Disepelekan, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gemuk Loh!

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS - Mempunyai badan yang gemuk bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Terutama kaum hawa, banyak hal dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal.

Mulai dari rutin olahraga, diet keras, bahkan hingga minum obat-obatan untuk mengurangi berat badan. Namun sayangnya dibalik usaha keras tersebut, banyak orang yang menyepelekan kebiasaan sehari-hari yang justru membuat tubuh makin gemuk.

Lalu apa saja sih kebiasaan sepele tersebut?

Agar dapat dihindari, berikut beberapa kebiasaan yang membuat tubuh menjadi gemuk.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Ringkus Penjual Materai Palsu, Segini Omzetnya...

1. Makan terlalu cepat.

Sebagian orang memiliki kebiasaan memakan makanan dengan cepat. Entah karena terburu-buru atau memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun sayangnya, hal tersebut justru akan meningkatkan berat badan, bahkan meningkatkan risiko obesitas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Osaka University, Jepang, yang dimuat dalam British Medical Journal, orang yang memiliki kebiasaan makan dengan cepat, berpeluang mengalami kenaikan berat badan tiga kali lebih banyak dibanding orang yang makan dengan tempo yang lambat.

Penelitian lain menyebutkan, tubuh manusia memerlukan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Ketika mengunyah makanan dengan cepat, tubuh tidak diberi kesempatan untuk memberi sinyal tersebut. Sehingga membuat makanan lebih banyak masuk dan menyebabkan kegemukan.

2. Melewatkan sarapan.

Kebiasaan beberapa orang yaitu melewatkan jam makan normal. Misalnya menggabungkan sarapan dengan makan siang dalam satu waktu sehingga jadwal makan menjadi kacau.

Sebagian orang menganggap tidak makan di pagi hari dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology (2003), orang yang melewatkan sarapan ternyata berisiko lebih tinggi mengalami obesitas.

Hal ini dikarenakan ketika melewatkan sarapan, tubuh menggunakan cadangan energi akibat tidak ada pasokan energi yang masuk. Sehingga kebutuhan pasokan energi akan membesar saat makan siang, dan membuat jumlah porsi makan siang semakin banyak.

BACA JUGA:Polisi Bekuk Pelaku Pencuri 2 Toko Waralaba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: