5 Hikmah Semangat Perang Badar di Bulan Ramadan, Perlu Diterapkan dalam Kehidupan

5 Hikmah Semangat Perang Badar di Bulan Ramadan, Perlu Diterapkan dalam Kehidupan

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pixabay)

Perang Badar telah mengajarkan kaum muslimin memegang solidaritas yang sangat kuat dan kokoh, yang mana saat perang terjadi secara bergantian menaiki unta untuk tunggangan berperang.

Pertama Nabi shallallahu 'alahi wa sallam yang naik, kemudian secara bergantian Nabi pun turun dan meminta lainnya naik.

Hanya saja yang lain lebih mengutamakan Nabi, dibanding diri mereka sendiri. Begitulah gambaran sifat beliau yang tenggang rasa maupun solidaritas yang tinggi.

BACA JUGA:Indonesia Batal Jadi Tuan Piala Dunia U-20, Begini Respon Asisten STY

Sementara, beliau tidak ingin enak sendiri. Rasulullah berkata:

"Ya Allah berikan kepada mereka kenyang yang lapar, yang bajunya robek pakaian dari-Mu, yang kesusahan berikan kemudahan,".

Selagi Ramadan mari mengambil hikmah dari perang Badar yang mana selalu menyebarkan solidaritas, kasih sayang dan juga salam sejahtera pada saudara-saurdara yang bisa jadi membutuhkan bantuan kita.

5. Jangan merasa cukup dengan amal yang kita lakukan

Gagalnya seseorang dalam memahami sesuatu yang apabila melakukan amalan yang dirasa cukup banyak, mereka enggan untuk melakukan amalan lainnya.

BACA JUGA:Karena Diiming-imingi Kerja di Turki Wanita Ini Diduga Korban Perdagangan Orang

Sehingga menjadikan diri seseorang itu malas untuk beramal saat melihat apa yang dilakukannya seolah menjadi sia-sia.

Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan banyak amalan baik, karena setan senantiasa siaga menipu daya manusia dengan berkata seolah amalanmu sudah banyak, lalu buat apa lagi beramal.

Dalam hal tersebut, perang Badar telah mengajarkan kita sebuah kesungguhan dalam beramal dan tidak pernah merasa cukup beramal.

BACA JUGA:Lagi Transaksi Diciduk Polisi

Dengan menggunakan strategi dimana satu unta digilir lebih dari satu orang, sejumlah 3-4 orang bergantian dikarnakan perjalanan di padang pasir yang panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: