Kabar Baik, Ada 5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat ala Lansia, Dijamin Terhindar dari Penyakit Mematikan!

Kabar Baik, Ada 5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat ala Lansia, Dijamin Terhindar dari Penyakit Mematikan!

Ilustrasi. Cara menjaga pola hidup sehat ala lansia, dijamin terhindar dari penyakit mematikan.--(Sumber Foto: Pexels)

Hal ini perlu diutamakan demi menjaga pola hidup sehat, karena tubuh sangat membutuhkan unsur cairan sebagai penghasil energi yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari, setara dengan 2 liter. 

BACA JUGA:Auto Makin Sehat, Ini 5 Olahraga yang Cocok untuk Lansia, Cukup Lakukan di Rumah Aja, Dijamin Aman!

2. Tidur dan istirahat yang cukup

Cara paling mudah untuk menjaga pola hidup sehat selanjutnya adalah dengan memiliki jam tidur dan istirahat yang cukup. Terkadang tidur dan istirahat sering kali disepelekan.

Kebanyakan orang zaman sekarang sering begadang dan overthinking, sehingga mengganggu waktu tidur dan istirahat. Padahal efek begadang sangat berbahaya bagi kesehatan, yakni dapat menimbulkan penyakit liver, anemia, obesitas, hingga kematian.

BACA JUGA:Sudah Tahu? Inilah 5 Manfaat Olahraga Lari Pagi untuk Tubuh, Ternyata Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk itu, hindarilah begadang agar saat manula tidak mudah terserang penyakit mematikan. Perlu diketahui bahwa jam tidur normal sesuai kebutuhan tubuh adalah 8 jam. 

3. Memperhatikan makanan

Menjaga pola hidup sehat ala lansia lainnya yakni dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, zat besi, vitamin, mineral, dan protein. 

Makanan sehat adalah makanan yang tidak berlemak tinggi, hindarilah makanan yang memiliki lemak tinggi seperti santan. Karena makanan yang berlemak tinggi dapat mengakibatkan munculnya penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Air Putih! Ini 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Salah Satunya Susu Cokelat

Penyakit kolesterol ini sudah populer di kalangan manula bahkan remaja, dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan makanan yang tidak memiliki kandungan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Perbanyak makan buah dan sayur adalah kunci hidup sehat.

Sayuran dan buah-buahan mengandung anti oksidan yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan dapat menghilangkan dan menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Jadi para manula harus benar-benar memperhatikan pola makan yang sehat.

BACA JUGA:Cek di Sini! 6 Rekomendasi Olahraga Ringan, Cocok Dilakukan Saat Puasa

4. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: