Seleksi Calon Paskibraka Kota Bengkulu 2024 Transparan, Pendaftaran Dibuka Online

Seleksi Calon Paskibraka Kota Bengkulu 2024 Transparan, Pendaftaran Dibuka Online

Fenny Fahrianny, selaku Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya ajang pemilihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) setiap jelang 17 Agustus, ada banyak pejabat yang berusaha "menitipkan" anak atau keponakannya agar terpilih menjadi salah satu dari anggota Paskibraka tersebut.

Namun, budaya tersebut kini peerlahan sudah bisa dihapuskan karena, sistem pendaftan sudah melalui online dan tahapan seleksinya sudah transparan dan sangat selektif karena menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

BACA JUGA:Pernah Dengar Kode IMEI Pada iPhone? Ini Cara Cek Lokasi dan Arti Perbedaan Hurufnya, Bisa Tahu Kalau Ilegal

Hal ini dijelaskan oleh Fenny Fahrianny, selaku Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu.

"Kesbangpol Kota melakukan Pendaftaran  dan seleksi calon Paskibra secara adil dan transparan karena menggunakan system Online dan CAT, sehingga hasil akan langsung muncul ketika selesai ujian dan semua orang bisa melihat dan mengawasi, kami tdak akan membedakan ini anak siapa, ini titipan pejabat mana, semuanya murni hasil mereka sendiri," kata Fenny Fahrianny, Jumat 12 Januari 2024.

BACA JUGA:Cek 4 Rekomendasi HP Gaming Terbaik Ini! Mulai 2 Jutaan Auto Bisa Main PUBG, Tertarik? Intip Spesifikasinya

Tambah Fenny, pendaftan online di buka dari tanggal 1 Februari hingga 24 Februari  2024. Dan tahun ini siapapun juga bisa mengikuti seleksi ini. Tidak dibatasi hanya siswa siswi yang mengambil ekstraKurikuler paskib di Sekolah saja. Namun juga terbuka peluang untuk semua siswa siswi yang tertarik menjadi anggota paskibraka 2024.

"Di bulan Januari 2024 ini kami  melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah setingkat SMA, SMK, MA di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:iPhone 15 Banting Harga di Januari 2024, Diskon Rp 1 Jutaan Disemua Seri, Cek Harga Terbarunya di Sini

Setelahnya kami bisa melakukan seleksi adminstrasi yang telah ditetapkan oleh BPIP. Bagi yang lolos bisa mengikuti ketahapan selanjutnya," tutur Kepala Kesbangpol Kota Bengkulu.

Pendaftaran dilakukan secara online dari akun email masing-masing siswa ke akun Kesbangpol kota. Selanjutnya dilakuakn seleksi adminsgrasi oleh BPIP. Dan bagi siswa yang tidak lulus adminatrasi tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

BACA JUGA:Pohon Tumbang, Jalan Lintas Kepahiang-Bengkulu Macet

"Bagi yang tidak lulus administrasi seperti, nilai raport yang tidak cukup, siswa yang tidak mendapat izin dari orang tua atau dari sekolahnya otomatis akan digugurkan. Dan bagi yang lulus busa mengikuti ke tahap selanjutnya," tambahnya.

Adapun tahapan tes atau seleksi yang akan dijalani siswa nantinya selain praktik juga ada tes teori berupa Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Pengetahuan Ideologi Pancasila (PIP). dua tes ini dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: