dempo

Makan Buah Semangka Terlalu Banyak Dapat Sebabkan Masalah Pencernaan, Cek Efek Samping Lainnya di Sini

Makan Buah Semangka Terlalu Banyak Dapat Sebabkan Masalah Pencernaan, Cek Efek Samping Lainnya di Sini

Makan buah semangka terlalu banyak dapat sebabkan masalah pencernaan, cek efek samping lainnya di sini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Efek samping terlalu banyak makan semangka yang pertama adalah menyebabkan masalah pencernaan. Saat mengonsumsi terlalu banyak semangka, perut akan terasa tidak nyaman, terasa kembung, penuh gas hingga menyebabkan diare. 

BACA JUGA:Minuman Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran, Ada Resep Es Semangka Susu! Cek Cara Membuat di Sini

Hal ini lantaran buah semangka mengandung FODMAP yang tinggi, yaitu sekelompok karbohidrat rantai pendek yang tidak dapat dicerna atau diserap secara perlahan di usus kecil. 

Asupan FODMAP yang tinggi ini dapat memicu gelaja yang mirip seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan juga GERD. 

BACA JUGA:Ingin Buat Takjil Olahan Semangka? Cek 3 Resep Berikut, Salah Satunya Puding Semangka

2. Menyebabkan Nyeri pada Ulu Hati

Makan semangka terlalu banyak juga dapat menyebabkan nyeri pada ulut hari karena kandungan likopennya yang cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengiritasi lambung. 

Oleh sebab itu, di saat bersamaan zat ini juga dapat beresiko menyebabkan asam lambung naik terutama jika dikonsumsi dalam porsi besar serta ketika perut kosong. 

BACA JUGA:Konsumsi Buah Semangka Secukupnya Jika Tidak Ingin Terkena Efek Samping Terlalu Banyak Makan Semangka Berikut

3. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi buah semangka berlebih juga dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah lantaran buah yang satu ini mengandung indeks glikemik (GI) yang tinggi. 

Makanan yang tergolong GI rendah berada dalam kisaran di bawah 55. Sementara makanan dengan GI sedang berkisar di antara 56-69. Semangka sendiri memiliki angka GI sekitar 72-80 sehingga masuk ke dalam buah dengan kadar indeks glikemik yang tinggi. 

BACA JUGA:Mampu Meremajakan Kulit, Berikut Kandungan serta Khasiat Buah Semangka untuk Kecantikan

4. Mengubah Warna Kulit

Mengonsumsi buah semangka berlebihan juga ternyata dapat mengakibatkan perubahan warna pada kulit menjadi kuning-oranye dan dikenal dengan nama likopenemia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: