dempo

Makan Buah Semangka Terlalu Banyak Dapat Sebabkan Masalah Pencernaan, Cek Efek Samping Lainnya di Sini

Makan Buah Semangka Terlalu Banyak Dapat Sebabkan Masalah Pencernaan, Cek Efek Samping Lainnya di Sini

Makan buah semangka terlalu banyak dapat sebabkan masalah pencernaan, cek efek samping lainnya di sini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Likopen sendiri merupakan senyawa antioksidan dan pigmen yang bertanggung jawab atas warna merah pada semangka sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menumpuk di lapisan luar kulit dan mengubah pigmentasi kulit. 

BACA JUGA:Baik untuk Penderita Kolesterol, Simak Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Lainnya di Sini

5. Memicu Reaksi Alergi

Efek samping mengonsumsi buah semangka terlalu banyak juga dapat memicu reaksi alergi yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan pada buah semangka ini. Hal ini dapat memicu reaksi peradangan tubuh. 

Namun kamu tidak perlu khawatir karena reaksi alergi ini jarang terjadi. Meski demikian kamu tetap perlu mengonsumsi dengan porsi yang tepat agar alergi ini tidak muncul. 

Jika reaksi alergi ini muncul, tubuh akan merasakan beberapa gejala seperti mulut atau tenggorokan terasa gatal atau membengkak, sakit perut, dan diare. Gejala ini dapat muncul dalam waktu singkat setelah makan semangka. 

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Es Semangka Susu Segar untuk Takjil Buka Puasa

Demikian beberapa efek samping terlalu banyak makan semangka yang perlu kamu ketahui agar kamu dapat menghindarinya. Konsumsi secukupnya dengan seimbang agar tidak terhindari dari masalah kesehatan ini. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: