dempo

7 Dampak Kekurangan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Bikin Luka Lama Sembuh

7 Dampak Kekurangan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Bikin Luka Lama Sembuh

7 dampak kekurangan vitamin C bagi tubuh, salah satunya bikin luka lama sembuh--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Dampak Kekurangan Vitamin C Bagi Tubuh

1. Penyembuhan Luka Menjadi Lebih Lambat

Dampak pertama yang akan terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C adalah penyembuhan luka yang menjadi lebih lambat. Hal ini terjadi karena vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen. 

Saat tubuh kekurangan vitamin C, maka produksi kolagen juga akan berkurang sehingga tubuh akan mengalami berbagai masalah pada kulit seperti penyembuhan luka yang menjadi lebih lambat. 

BACA JUGA:Ini 7 Dampak Kekurangan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Mudah Merasa Lelah, Pernah Merasakan?

Kolagen ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Jika kandungan kolagen ini kurang, maka luka akan mejadi sulit sembuh serta lebih rentan terkena infeksi. 

2. Mudah Merasa Lelah

Dampak kekurangn vitamin C lainnya pada tubuh adalah tubuh menjadi mudah merasa lelah dan seringkali dikenali sebagai gejala jika tubuh kekurangan vitamin C. 

BACA JUGA:Hati-hati! Ini 5 Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuhmu, Dapat Sebabkan Ketidakseimbangan Nutrisi

Hal ini terjadi lantaran jika kebutuhan vitamin C ini tidak terpenuhi, proses perubahan lemak menjadi energi akan terganggu sehingga lemak akan menumpuk di dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, kekurangan vitamin C ini juga dapat mengakibatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi menjadi berkurang sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya anemia akibat defisiensi zat besi. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Jeruk, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Sumber Vitamin C untuk Tubuhmu, Cek Apa Saja!

Buka hanya itu saja, kekurangan vitamin C pada tubuh juga dapat menyebabkan suasana hati menjadi mudah berubah-ubah atau dikenal juga dengan sebuta mood swing. 

3. Gusi Mudah Berdarah

Jika tubuh kekurnagan vitamin C, maka gigi dapat menjadi lebih mudah berdarah dan juga mengalami sariawan serta gangguan mulit yang lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: